RAYA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar kegiatan Pencanangan Hari Kunjungan Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca tingkat Kabupaten Parigi Moutong di halaman depan Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Parigi Moutong, Kamis (14/9/2023).

Ketua TP- PKK Kabupaten Parigi Moutong, Dra Hj Noor Wachida Prihartini S Tombolotutu yang hadir pada kegiatan itu dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut dapat menumbuhkan minat dan semangat untuk belajar bagi siswa maupun masyarakat umum melalui perpustakaan.

“Kami akan memberikan ruang dan kesempatan agar masyarakat bisa belajar dan menambah ilmu pengetahuannya sehingga dapat mendorong perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Noor Wachida berharap, melalui literasi minat baca dapat  memberikan implementasi dan menuntaskan persoalan bangsa serta berharap dapat mencerdaskan kehidupan bangsa dan melahirkan generasi unggul yang diharapakan berguna bagi daerah, bangsa dan negara.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Parigi Moutong, Sakti Lasimpala, SPd, SE, MM dalam sambutannya mengatakan, sesuai data UNESCO Indonesia berada di urutan kedua dari bawah soal literasi dunia.

Menurutnya itu terjadi karena minat baca di Indonesia sangat rendah. Data UNESCO menyebutkan minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan hanya berkisar 0,001 persen. Artinya dari 1.000 orang Indonesia hanya satu orang yang rajin membaca.

Sakti juga menyinggung soal pengaruh . Menurutnya membaca melalui media digitalisasi sangat beda dengan membaca di ruang perpustakaan. Perbedaanya adalah pada tingkat memori daya ingat.

“Mengapa daya tangkap dan daya ingat saat membaca di ruang perpustakaan dan media digitalisasi berbeda?, Alasanya sangat sederhana yaitu jika kita membaca pada konsep digitalisasi disamping kita membaca tentunya dibarengi atau diselingi dengan namanya sponsor atau iklan sehingga kosentrasi kita dialihkan  pada hal-hal yang sesuai hobi kita, akan tetapi jika membaca di ruang perpustakaan kita akan lebih kosentrasi pada bacaan dan tanpa gangguan iklan dan lain sebagainya,”jelasnya.

Turut hadir pada kegiatan itu Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong, Sunarti, SPd, MPd, Kepala Dinas Kepala Dinas , Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Parigi Moutong, Yusnaeni dan tamu undangan lainnya. */AJI