RAYA – Cabang Purwokerto bekerja sama dengan Pusat Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPSDMEJP) Kementerian Perdagangan memberikan pelatihan bagi 30 pelaku di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, untuk bisa menembus pasar ekspor.

“Pelatihan ini merupakan program UMKM yang berorientasi ekspor. Dengan program tersebut diharapkan kami dapat menaikkan kelas UMKM,” kata Pejabat Pengganti Sementara Pimpinan BRI Cabang Purwokerto Zaky Amrullah seusai membuka pelatihan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin (7/8/2023).


Dengan demikian, kata dia, dapat menaikkan level dan cakupan bisnis yang sebelumnya lokal menjadi berorientasi pasar nasional maupun go .

Menurut dia, kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan tiga hari dan diikuti 30 pelaku UMKM yang berasal dari wilayah Purwokerto dan sekitarnya.

“Yang hadir dalam pelatihan ini sebagian besar dari UMKM makanan, kerajinan, dan pakaian,” jelas Cabang Purwokerto itu.


Dia mengatakan pelaku UMKM yang diundang dalam kegiatan pelatihan tersebut telah melalui proses penyaringan melalui Rumah dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).


Secara kebetulan, kata dia, BRI Cabang Purwokerto dipercaya untuk sebagai koordinator Purwokerto.


Di Rumah BUMN tersebut, lanjut dia, sebetulnya sudah dilakukan tahap seleksi di mana UMKM itu sudah memenuhi kualifikasi untuk melakukan ekspor atau siap dari segi pengemasan produk.


“Jadi, kalau yang saya lihat untuk peserta yang sekarang ini memang mereka itu sudah ada yang sebetulnya siap, namun mungkin belum tahu caranya seperti apa untuk melakukan kegiatan ekspor,” katanya.

Selain itu, kata dia, tidak menutup kemungkinan masih ada pelaku UMKM yang perlu ditingkatkan pengetahuannya tentang pengemasan produk dan cara memilih pasarnya.

Terkait dengan pelaku UMKM yang ada di Rumah BUMN Purwokerto, Zaky mengatakan hingga saat saat ini yang telah terdaftar aktif sekitar 180 pelaku UMKM dan mayoritas sudah menjadi Cabang Purwokerto.

“Ada juga yang referensi karena itu kan sifatnya BUMN, tidak harus melulu BRI. Jadi, ada juga dari BUMN-BUMN yang lain, hanya memang mayoritas sudah menjadi mitra kami,” jelasnya. ANTARA