RAYA – Telah terselenggara yang ke-4 kalinya, program Fellowship Journalism berhasil menjadi ruang dan upaya pengembangan kompetensi bagi insan media. Seperti diketahui, program beasiswa yang ditujukan untuk para jurnalis ini menjadi inisiasi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan menjadi bagian dari Corporate Social Responsibility () .

Selama empat tahun terakhir, sebanyak ratusan jurnalis telah tersaring mendapatkan dari BRI.  Mereka berkarya melalui tulisan, menampilkan potensi wilayah, keunikan, dan proses para pelaku dalam menghadapi tantangan pascapandemi.

Salah seorang dewan juri sekaligus mentor dari BRI Fellowship Journalism 2023 dan Anggota Dewan Pers, Tri Agung Kristanto, mengapresiasi program tersebut.

Menurutnya, hal itu merupakan langkah baik BRI menumbuhkan wartawan-wartawan yang punya kompetensi.

“Kompetensi intelektual pada gilirannya dapat membantu jurnalisme yang sehat, mendidik, dan mencerdaskan Indonesia,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Sulteng Raya, Rabu (12/7/2023).

Senada, mentor lainnya, yakni Wakil Pemimpin Redaksi Kontan, Titis Nurdiana mengungkapkan, BRI Fellowship Journalism penting bagi jurnalis karena menjadi medium untuk memperkaya ilmu.

“BRI memberikan program beasiswa yang luar biasa, mencerdaskan jurnalis sebagai garda kedepan untuk kebijakan-kebijakan publik agar mampu menyajikan berita-berita yang lebih berisi dan berguna bagi masyarakat,” ungkapnya.

Disamping itu, pelaksanaannya juga dinilai menyenangkan karena mentor diajak untuk terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui UMKM binaan BRI. Alhasil, para mentor pun memiliki kesempatan bertanya langsung bagaimana program BRI menaikkelaskan UMKMnya.

Ia berharap, ke depan BRI secara berkelanjutan terus melahirkan program baru yang mencerdaskan kehidupan bangsa. Melalui kehadiran BRI di seluruh pelosok negeri, maka kesempatan ini dapat membuka peluang lebih banyak lagi dari insan pers Tanah Air mendapatkan kesempatan yang sama. BRI memberikan ruang bagi insan media untuk mengembangkan kompetensinya melalui proses mentoring dari para jurnalis senior media nasional.

Terkait dengan program tersebut, Wakil Direktur Utama BRI, Catur Budi Harto mengungkapkan, program itu menjadi bukti nyata atas komitmen perseroan untuk terus berupaya menciptakan economic dan bagi masyarakat, termasuk insan media.

Selain itu, tambah Catur, ajang ini juga diselenggarakan dengan tujuan menciptakan hubungan baik antara BRI, jurnalis, dan media. Selama ini, BRI senantiasa memperkuat sinergi bersama berbagai stakeholder, termasuk insan media sebagai mitra strategis BRI.

Sebagai informasi, sebelumnya melalui website resmi BRI, BRI Fellowship Journalism 2023 telah mengumumkan 45 Jurnalis penerima beasiswa magister S2. Keputusan tersebut dilakukan setelah melewati serangkaian seleksi ketat yang dimulai dari awal tahun 2023. Seluruh peserta penerima beasiswa tersebut disaring dari proses panjang mulai dari seleksi administratif, psikotes, hingga praktek lapangan selama 2 bulan dalam program Journalist on Site. RHT