RAYA – Bupati Banggai,Ir. H.Amirudin Tamoreka didampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Banggai, Lesmana Kulab, menghadiri Pameran Infrastruktur dan Forum Smart City di Shangri-La Hotel Surabaya Jalan Mayjen Sungkono No.120, Kota Surabaya, Senin (12/6/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya itu, mengusung tema Mencerdaskan Kota dan Kabupaten untuk Indonesia Cerdas.

Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Ir. Mochamad Hadiyana mengatakan, program Smart City merupakan salah satu upaya untuk mendorong diberbagai sektor seluruh Kota/Kabupaten se-Indonesia. “Dengan menggunakan teknologi seperti kecerdasan buatan yang kita saksikan tadi saat pembukaan menggunakan , of Things (IoT), Cloud Computing dan big data program Smart City dapat memberikan solusi untuk berbagai tantangan perkotaan seperti kemacetan, polusi udara, kesehatan, pendidikan dan pelayanan publik,” terang Hadiyana.

Berdasarkan yang diperoleh Tim Liputan DKISP Kabupaten Banggai menjelaskan, dalam kegiatan itu dua agenda besar, pertama agenda yang dilakukan asesor terhadap penilaian smart city di Indonesia di acara tersebut, yang nantinya akan diumumkan di akhir tahun. Kedua, berupa pameran berbagai macam infrastruktur terbarukan yang berkaitan dengan smart seperti infrastruktur teknologi untuk sektor kesehatan, transportasi dan sebagainya. Sebanyak 534 Kabupaten/Kota dan Provinsi di Indonesia yang diundang dalam Forum Smart City tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu dari tanggal 12 Juni 2023 sampai dengan 14 Juni 2023.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Kepala Bappeda Banggai, seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia, seluruh Kepala Perangkat Daerah yang membidangi urusan Komunikasi dan Informatika se-Indonesia, seluruh Kepala Perangkat Daerah yang membidangi Urusan Perencanaan Pembangunan Daerah di Indonesia, seluruh Kepala Perangkat Daerah yang membidangi Urusan Kesehatan di Indonesia, dan seluruh Kepala Perangkat Daerah yang membidangi urusan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. */MAN