RAYA – Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka melepas keberangkatan sebanyak 216 orang Calon Jemaah (CJH) Kabupaten Banggai, dari Agung An-Nuur Luwuk menuju , Senin (5/6/2023).

Diketahui, pelaksanaan CJH asal Kabupaten Banggai diberangkatkan dalam dua kloter penerbangan. Untuk pemberangkatan pertama sebanyak 182 orang, ditambah 1 orang pendamping haji daerah yang tergabung dalam kloter 9 akan berangkat pada Selasa (5/6/2023) dari Luwuk menuju dengan menggunakan pesawat carteran Batik Air.

Keesokan harinya, para CJH kloter 9 akan bertolak menuju embarkasi Balikpapan. Untuk pemberangkatan kedua, sebanyak 34 orang CJH yang tergabung dalam kloter 15 akan diberangkatkan pada 13 Juni 2023 mendatang.

Kementerian Agama Kabupaten Banggai melaporkan tahun 2023 ini, jumlah CJH Banggai yang terdaftar sebanyak 220 orang. Dari jumlah tersebut 4 orang gagal diberangkatkan karena sakit.
Dalam sambutaanya, Bupati Banggai sebelum melepas para CJH mengatakan, berakhirnya PPKM yang disebabkan pandemi -19, berdampak pada bertambahnya jumlah CJH yang berangkat dibanding tahun sebelumnya. “Alhamdulillah, tahun ini tidak ada lagi COVID-19 dan jemaah semakin banyak yang diberangkatkan,” kata Bupati.

Olehnya itu Bupati juga mengajak para jemaah, agar mensyukuri nikmat kesempatan melaksanakan ibadah haji tahun ini. “Jadi bapak ibu datang ke sana itu, dipanggil dan diundang khusus. Tidak dengan sendirinya kita datang ke sana, tetapi semua calon jemaah haji yang dipanggil ini adalah sebuah undangan dari Allah SWT, Insya Allah yang namanya ada di undangan, semua fasilitas akan disediakan disana,” jelasnya.

“Saya berpesan agar para CJH senantiasa menjaga kesehatan, mengingat kondisi cuaca di tanah suci sangat berbeda dengan di Indonesia. Tolong jaga kesehatan, karena puncak kegiatan haji adalah pada saat kita wukuf di Arafah, jangan sampai pada saat wukuf, bapak ibu sudah kecapekan,” pesannya.
Untuk itu, Bupati meminta ketua kloter, pendamping haji dan ketua rombongan agar selalu sigap menjaga dan memantau jemaahnya sehingga semua CJH dapat kembali ke tanah air dengan selamat.
Sementara, Perwakilan Banggai, Zulfan Kadim mengatakan, mengingat tidak sedikit jumlah CJH yang berusia lansia, maka Kemenag meminta kepada ketua kloter dan pendamping haji memprioritaskan pelayanan kepada CJH Banggai.

“Saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemkab Banggai yang telah memberikan pelayanan dalam persiapan keberangkatan CJH,” kata Zulfan.
Semenjak dari penyelenggaraan awal manasik haji lanjutnya, kita tahu bersama Bupati kita turut bersama-sama memberikan manasik haji kepada seluruh jemaah. Seluruh rangkaian manasik haji secara lengkap telah diselenggarakan oleh panitia penyelenggara. */MAN