SULTENG RAYA – menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tinombala 2023 dengan tajuk “Mudik Aman dan Berkesan” di halaman Mako Polres , Senin (17/4/2023).

Apel Gelar Pasukan tersebut dipimpin langsung oleh Mohamad Irwan yang diikuti sejumlah instansi terkait antara lain TNI-POLRI, Sat Pol PP dan Damkar Sigi, Dishub Sigi, BPBD Sigi dan Senkom.

Amanat Drs Listyo Sigit Prabowo, yang dibacakan Bupati Sigi menyampaikan, bahwa apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023.

“Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H,” kata Bupati membacakan Sambutan Kapolri.

Lanjut Bupati, berbagai langkah dalam Operasi Ketupat 2023 diharapkan mampu berjalan dengan baik, sehingga kita dapat memastikan kelancaran hari raya Idul Fitri 1444 H, serta mewujudkan “Mudik yang Aman dan Berkesan”.

Bupati juga menyampaikan beberapa penekanan Kapolri untuk dipedomani dan dilaksanakan dalam Operasi Ketupat tahun ini, antara lain adalah melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melaksanakan Operasi Ketupat adalah sebuah kehormatan sekaligus ladang amal ibadah.

Selanjutnya kata Bupati, memastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan, pos pelayanan maupun pos terpadu, sehingga mampu mendukung pelaksanaan tugas secara optimal.

“Juga kedepankan langkah-langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani SOP agar dapat memberikan pelayanan dengan presisi sebagaimana diharapkan masyarakat,” papar Bupati.

Selain itu lanjutnya, berbagai langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik, sehingga mampu mengawal perjalanan mudik dari keberangkatan hingga kepulangan agar masyarakat mendapatkan kegembiraan bertemu sanak saudara.

“Serta perkuat sinergitas dan solidaritas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan Operasi Ketupat 2023,” jelas Bupati Irwan.

Pantauan Sulteng Raya, usai membacakan amanat Kapolri dilanjutkan dengan pemeriksaan kesiapan dalam tim Operasi Ketupat Tinombala 2023. Kemudian penyematan pita sebagai tanda operasi Ketupat Tinombala 2023 dimulai.FRY