SULTENG RAYA – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota menggelar kegiatan berlokasi di Lapangan Vatulemo, Kecamatan Mantikulore, mulai Senin hingga Rabu (30/1/2023-1/2/2023).

“Besok (hari ini) di Lapangan Vatulemo, Kecamatan Mantikulore, ada pasar murah yang akan dilaksanakan selama tiga hari,” kata Kepala Disperdagin Kota Palu, Zulkifli, Ahad (29/1/2023).

Kadis Zulkifli mengatakan, pasar murah tersebut diperuntukan masyarakat kurang mampu atau ekonomi lemah. Masyarakat hanya perlu membawa KTP dan kartu Program Keluarga Harapan (PKH).

“Nah, kalau masyarakat tidak mempunyai kartu PKH, masyarakat dapat membawa surat keterangan dari pihak kelurahan yang menyatakan bahwa masyarakat tersebut terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), pasar murah ini juga diperuntukan untuk masyarakat di Kecamatan Mantikulore,” jelasnya.

Dalam kegiatan pasar murah kali ini, kata dia, beberapa komoditas bahan pokok (bapok), seperti , minyak goreng, tepung, gula dan lainnya disubsidi sebesar Rp5 ribu per kg dan per liter.

“Komoditas bapok seperti beras per kg Rp5 ribu, minyak goreng per liter juga Rp5 ribu dan sebagainya diberi subsidi,” ucapnya.

Ia berharap, kehadiran pasar murah tersebut, dapat dimanfaatkan sebaik mungkin masyarakat, dengan berbelanja bapok kebutuhan rumah tangga. Selain untuk membantu masyarakat, kata dia, kegiatan tersebut juga sebagai upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Palu menekan inflasi.

“Masyarakat tidak perlu khawarir tentang ketersediaan Bapok, karena saat ini ketersediaan Bapok cukup untuk Kota Palu. Sehingga, adanya pasar murah ini masyarakat harus memanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan dapur atau kebutuhan rumah tangga,” katanya.

Rencananya, kegiatan pasar murah serupa akan kembali dilakukan secara bergilir di depalan kecamatan di Kota Palu.

“Insyallah, kegiatan pasar murah ini akan kami gelar di delapan kecamatan di Kota Palu secara bergilir,” ungkapnya.ULU