RAYA – Usai dilantik beberapa waktu lalu, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Walea Kepulauan (Wakep), Kabupaten Tojo Una-Una (Touna), langsung bergerak melaksanakan tugas dan fungsinya sebagaimana  tuntutan yang tertuang dalam aturan yang berlaku.

Sebagai tindakan awal usai dilantik beberapa waktu lalu,  Panwascam Walea Kepulauan langsung melakukan pengawasan yang berkaitan dengan aktivitas kemasyarakatan yang banyak melibatkan masyarakat secara masif dan dalam jumlah yang banyak.

“Tugas memantau dan mengawasi ini merupakan upaya pencegahan adanya pemanfaatan secara politis, apalagi jika kegiatan sosial kemasyarakatan itu melibatkan massa dalam jumlah yang cukup besar,” kata Muhlis salah seorang anggota Panwascam, Kecamatan Walea Kepulauan kepada Sulteng Raya, Ahad (23/1/2023).

Adapun langkah kongkrit pengawasan yang dilakukan pihak Panwascam Walea Kepulauan terkait aktivitas sosial kemasyarakatan yang melibatkan aktivitas masyarakat secara luas berupa kegiatan Sunatan massal yang dilaksanakan oleh Rumah Khitan Rumah Sakit Wakai bekerjasama dengan Puskesmas Dolong.

“Setelah melakukan koordinas dengan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut, serta langsung melakukan pengawasan di lapangan ternyata kegiatan tersebut memang murni merupakan kegiatan sosial kemasyarakatan dan tidak terjadi hal-hal politis yang berkaitan dengan pelanggaran pemilu,” jelas Muhlis.

Semangat pihak Panwascam Walea Kepulauan, untuk gencar melakukan pengawasan langsung ke lapangan, menurut Muhlis tidak terlepas dari amanah yang disampaikan oleh ketua RI, Rahmad Bagja, dimana melalui salah satu kanal youtubenya menyatakan, Panwas Kecamatan tugasnya bukan kebanyakan di kantor tapi harus turun lapangan untuk menggali serta mencegah terjadinya dugaan pelanggaran Pemilu. SYM