RAYA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komisi Pemilihan Umum (), Drs. Bernad Dermawan Sutrisno mengunjungi kantor KPU Kabupaten Parigi Moutong (), Kamis (19/1/2023).

Kedatangan Sekjen KPU itu, dalam ranga mengecek Sarana Prasarana (Sapras) logistik Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Bernad mengatakan, konsolidasi sangat penting dilakukan dalam penyelenggaraan tahapan pemilu mendatang. “Dalam menghadapi Pemilu pada tahun 2024, maka kita akan melakukan konsolidasi terus menerus baik dari KPU Kabupaten/Kota, Provinsi dan KPU Pusat,” ujarnya.

Bernad menambahkan, dalam menghadapi Pemilu serentak khususnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) maka pengusulan anggaran belum bisa bersamaan secara keseluruhan, akan tetapi masih dalam tahap diskusi bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Keuangan () sebelum diturunkan Petunjuk Teknis (Juknis).

Terkait hal itu Bernad mengaku, sudah mengingatkan kepada para komisioner KPU Kabupaten/Kota agar melakukan koordinasi secara terus menerus termasuk dengan pemerintah daerah setempat.

“Harapan saya semoga pemerintah secara optimal dapat mendukung dari sisi pendanaan dalam Pilkada,” harapnya. “Terkait penguatan kelembagaan maka khusus SDM kesekretariatan dan sarana prasarana harus berjalan dengan baik dan persiapan logistik juga harus disiapkan lebih awal,” tambahnya.

Sebelum tiba di kantor , Bernad yang didampingi Sekda Parmout, Zulfinasran disambut oleh Ketua KPU Parmout, Dirwan Korompot lalu disajikan tarian khas Sulawesi Tengah yaitu tarian Mokambu yang merupakan tarian selamat datang. */AJI