SULTENG RAYA – Badan Pengawas Pemilihan Umum () Kabupaten Poso bakal memberikan bonus (reward) bagi Pengawas Kecamatan (Panwascam) di 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Poso.

Ketua Bawaslu Poso, Abdul Malik Saleh menuturkan, saat ini seluruh Panwascam melakukan perekrutan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD). Sehingga, pihaknya akan memberikan bagi Panwascam jika bisa memenuhi empat kategori yang menjadi ukuran atau indikator penilaian dari Bawaslu.

“Yaitu, jumlah pendaftar PKD terbanyak di Panwascam masing-masing wilayah, keterpenuhan 30 persen keterwakilan perempuan, tidak ada perpanjangan pendaftaran PKD dan tidak ada permasalahan dalam proses perekrutan,” sebutnya kepada wartawan, Kamis (19/1/2023).

Adapun bonus yang akan diberikan kata Malik, berupa uang tunai dan sertifikat penghargaan sebagai Panwascam . Menurutnya, hal ini merupakan inisiatif dari Bawaslu untuk memberikan semangat bagi Panwascam dalam rangka perekrutan PKD. Sehingga, mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mencapai target itu. “Pendaftaran PKD dibuka pada tanggal 14-19 Januari 2023. Artinya, hari ini (kemarin) sudah berakhir batas waktu pendaftaran. Jadi, hari ini juga kita sudah akan melihat hasilnya, mana Panwascam yang memang memenuhi indikator tersebut,” jelasnya. SYM