SULTENG RAYA – Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka menghadiri pelantikan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 yang dirangkaikan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) PPK di ruang pertemuan Swiss-Bellin Luwuk, Rabu (4/1/2023).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum () Kabupaten Banggai yang melantik sebanyak 115 anggota PPK dari 23 kecamatan dan 5 orang anggota Komisioner KPU Kabupaten Banggai.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Banggai, Zaidul Bahri Mokoagow mengingatkan kepada para anggota PPK, selaku penyelenggara Pemilu, apalagi pada tahapan serentak 2024, kita tidak punya waktu lagi dan kita harus belajar sambil bekerja.

“Sebelumnya KPU sudah melaksanakan tahapan verifikasi Partai Politik baik keanggotaan maupun kepengurusan, yang telah ditetapkan pada tanggal 14 Desember 2022 lalu. Jumlah partai Peserta Pemilu di tahun 2024 adalah sebanyak 24 partai. Mudah-mudahan Pemilu di Kabupaten Banggai ini bisa berjalan dengan damai, lancar dan sukses,” kata Ketua KPU.

Ketua KPU juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai yang telah memberikan dukungan yang sangat luar biasa. Karena menjelang pada tahun anggaran 2021 dan 2022, KPU Kabupaten Banggai telah dibangunkan tambahan gudang logistik.

“Saya berharap Pemkab Banggai khususnya Pemerintah Kecamatan juga memiliki sarana yang cukup di kecamatan dalam memfasilitasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk berkantor. Kepada anggota PPK segera membentuk Tenaga Sekretariat PPK paling lambat tanggal 10 Januari 2023. Pada saat yang bersamaan juga akan dibentuk Panitia Pemungutan Suara di kecamatan dan itu juga membutuhkan sekretariat di desa/kelurahan, paling lambat 24 Januari 2022 sudah harus terbentuk,” pesan Ketua KPU.

Sementara, Bupati Banggai menyampaikan, agar anggota PPK yang baru dilantik mengikuti Bimtek dengan baik. Menjelang Pemilu, pekerjaan ini adalah pekerjaan yang paling sexy. “Saya mengingatkan, agar anggota PPK mengingat Pakta Integritas yang telah diikrarkan dan ditandatangani. Kita memperlihatkan kepada semua orang, bahwa Kabupaten Banggai sangat aman dan damai di dalam melaksanakan pemilu,” kata Bupati.

Bupati juga berpesan agar anggota PPK jangan alergi terhadap kritikan, karena itu merupakan masukan buat kita. Yang penting harus tetap melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. “Jangan ada faktor suka atau tidak suka, jangan ada faktor kepentingan pribadi, kelompok dan golongan. Karena Pakta Integritas yang dibacakan tadi itu sangat luar biasa,” pesan Bupati.

Untuk Sekretariat PPK di kecamatan lanjut Bupati, banyak kantor-kantor pemerintah yang kosong di kecamatan. Silahkan dibuat suratnya untuk dilakukan peminjaman. Tapi alternatif terakhir bila tidak ada kantor lain bisa berkantor di Kantor Camat. 

“Nanti Camat bisa meminjamkan satu ruangan kosong untuk mereka beraktifitas. Kepada para Camat, agar tidak melakukan intervensi apapun kepada anggota PPK terhadap sesuatu,” jelas Bupati. */MAN