RAYA – Pemerintah Daerah (Pemda) Banggai bekerjasama dengan Kementerian Agama () Kabupaten Banggai menggelar zikir dan doa bersama di Agung An-Nur Luwuk, Sabtu (31/12/2022). 

Dalam sambutannya Bupati Banggai H. Amirudin Tamoreka menyampaikan, banyak kenangan pada tahun 2022, saat ini kita akan mamasuki tahun 2023. Pada bulan Desember 2021 Kabupaten Banggai masih berstatus Level tiga kasus -19, dan kita tidak bisa berkumpul. Kabupaten Banggai sukses melakukan agenda nasional Tour de Banggai, kemudian juga sukses melaksanakan MTQ ke XXIX Tingkat Provinsi dan Porprov IX Sulawesi Tengah. Itulah kegiatan besar tingkat provinsi yang kita lakukan.

“Hari ini, Kabupaten Banggai berada di 2,25. Tanpa migas Kabupaten Banggai berada di angka 5 yang tertinggi adalah pertumbuhan ekonomi UKM. Para Pedagang Kaki Lima naik sampai dengan 30 persen. Itu artinya begitu banyak kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Kabupaten Banggai,” kata Bupati.

Bupati juga mengucapkan terima-kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Banggai dan seluruh stakeholder, yang telah membantu melaksanakan kegiatan pemerintah, sehingga kita bisa tumbuh dan berkembang sama dengan daerah-daerah lainnya. 

“Tahun 2023 adalah awal mula tahun politik, kemungkinan di bulan Februari atau Maret 2023 sudah ada penentuan Bakal Calon (Balon) dan diakhir tahun sudah mulai kampanye,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Bupati mengimbau warga agar di tahun politik ini, semuanya bisa saling menghargai antar satu dengan lainnya. Kami tidak akan pernah melarang siapapun yang ingin berkampanye. “Kita melaksanakan pesta demokrasi dengan aman, dengan damai, tidak perlu saling menghina, menghujat antara satu dengan yang lain. Semuanya kita berikan kesempatan untuk melaksanakan kegiatan kampanye sesuai dengan partai yang diusung masing-masing,” ujarnya. 

Oleh sebab itu kata Bupati, marilah kita jaga kerukunan, karena sesungguhnya damai Itu indah. Apaila persatuan dan kesatuan kita jaga bersama, Insya Allah kita akan menjadi kabupaten yang aman. Kedepannya PR kita sangat banyak dalam memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. 

“Ini akan terus kita gaungkan bersama pimpinan OPD, untuk memberikan pelayanan terhadap seluruh masyarakat Kabupaten Banggai. Saya mengucapkan terima-kasih atas bantuan dari seluruh masyarakat Kabupaten Banggai di dalam melaksanakan roda pemerintahan di tahun 2022,” jelasnya. */MAN