RAYA – Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Parigi Moutong (), Drs Ismail Pangeran menetapkan 23 klub sepak bola dari 23 kecamatan yang akan menjadi peserta Kongres Askab PSSI Parmout pada kongres biasa yang dilaksanakan di aula gedung Parmout, Rabu (4/1/2023).  

Perwakilan 23 klub tersebut, akan menjadi peserta sekaligus pemilik suara pada Kongres Askab PSSI Parmout yang rencananya akan dilaksanakan di Pantai Mosing Desa Sinei, Kecamatan Tinombo Selatan pada tanggal 10 Januari 2023 mendatang.

Ketua Plt Askab PSSI Parmout, Ismail Pangeran mengatakan, para peserta yang menjadi pemilik suara pada Kongres Askab PSSI Parmout akan memilih ketua, wakil ketua dan tiga orang anggota exco Askab PSSI Parmout.

“Kami membuka pendaftaran bagi calon ketua, wakil ketua dan anggota exco Askab PSSI Kabupaten Parigi Moutong. Siapa saja yang berminat dan punya kepedulian untuk memajukan sepak bola di Kabupaten Parigi Moutong silahkan mendaftarkan diri,” ujar Ismail usai kongres biasa kemarin.

Terkait kriteria calon ketua, wakil ketua dan exco, Ismail mengaku, akan menetapkan sesuai aturan statuta PSSI yang berlaku, hanya saja kriteria tersebut tidak seketat seperti pemilihan ketua umum PSSI.

“Jadi ketentuan dalam pemilihan ini kita kembali kepada aturan yang berlaku. Kalaupun misalnya ada sedikit keluar dari aturan tersebut itu sifatnya kondisional, karena tidak mungkin penerapkan aturan itu seketat seperti di pusat, sementara daerah kita yang paling bawah ini masih sangat konvensional sehingga perlu kebijakan-kebijakan tersendiri dalam rangka untuk memajukan sepak bola,” jelasnya.

Sesuai tahapan yang telah ditetapkan oleh panitia kongres, pendaftaran calon ketua, wakil dan anggota exco pada tanggal 4-5 Januari 2023, pemeriksaan berkas calon tanggal 6 Januari 2023, pengumuman hasil verifikasi berkas calon tanggal 7 Januari 2023, pengajuan banding tanggal 8 Januari 2023, pelaksanaan kongres tanggal 10 Januari 2023 dan pelantikan pengurus terpilih tanggal 11 Januari 2023.

Berdasarkan Surat Keputusan Plt Askab PSSI Parigi Moutong Nomor 8/KG-Askab PSSI/PM/II-2023 tanggal 4 Januari 2023 tentang Nama-nama Klub Anggota Baru Askab PSSI Parigi Moutong Tahun 2023 berikut adalah nama-nama klub yang akan menjadi peserta kongres yakni, PS Sausu Raya, PS Balinggi Jaya, Torue FC, Parigi Selatan FC, Parigi FC, PS Tanah Bangkalan Parigi Barat, PS Parigi Tengah dan Parigi Utara FC.

Selanjutnya, PS Berkah Siniu, PS Ampibabo, Persito Toribulu, Kasimbar Selection, PS Tinombo Selatan, Cendrawasi Sidoan, PS Tinombo Putra, PS Yelumun Palasa, PS Batu Raja Tomini, PS Persema Mepanga, PS Kolam Susu Junior Ongka, Persibol Bolano, PS Bhineka Lambunu, PS Persita Taopa dan Persimo Moutong. AJI