RAYA – Wakil Bupati (Wabup) Banggai, Drs. Furqanuddin Masulili menghadiri pelantikan Dewan Pengurus Anank Cabang (DPAC) se-Kabupaten Banggai dan DPC Bangsa Kabupaten Banggai, di salah satu hotel di Luwuk, Rabu (28/12/2022).

Dalam sambutannya Wabup menyampaikan, selaku pimpinan di daerah ini, kami ucapkan selamat kepada saudara-saudari selaku DPAC se-Kabupaten Banggai dan DPC Perempuan Bangsa Kabupaten Banggai yang dilantik.

“Tentunya di pundak saudara-saudari terdapat suatu beban dan tanggung jawab yang besar, dalam upaya meningkatkan kemampuan dan suatu organisasi serta memiliki rasa kebersamaan antara pengurus dan anggotanya di dalam menjalankan tugas-tugas organisasi tersebut,” katanya.

Dengan keberadaan DPAC Kabupaten Banggai dan DPC Perempuan Bangsa Kabupaten Banggai, Wabup mengajak untuk meningkatkan kemitraan dalam mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang berkemajuan.

“Tentu saja DPAC dan DPC Perempuan Bangsa tetap berkarya dimana pun berada dan bekerja dengan sepenuh hati dan tetap dalam konteks pemuda Pancasila yang ada,” kata Wabup.

Sebagai organisasi politik yang dewasa dalam berdemokrasi kata Wabup, tentu dapat terus bersama sama dengan pemerintah daerah sebagai mitra didalam membangun daerah ini sesuai program kerja yang ada pada organisasi.

“Olehnya ltu, diharapkan kepada saudara saudari agar benar-benar mampu dan terampil serta profesional, di dalam menghadapi segala permasalahan yang ada. Karena perubahan demi perubahan yang melanda bangsa dan masyarakat kita bila tidak terkendali, akan dapat mengarah kepada disintegrasi bangsa. Maka hadapilah secara profesional selalu bijak dan tanpa membedakan satu sama lainnya dengan hati dan pikiran yang jernih,” ujar Wabup.

Oleh karena itu lanjutnya, tidak ada kata lain bagi Pemerintah Kabupaten Banggai selain mendukung keberadaannya. Sebagai organisasi ke masyarakat yang bergerak dalam bidang politik tentu saja dituntut selalu siap untuk ikut serta membantu pemerintah dan masyarakat.

“Peran DPAC dan DPC Perempuan Bangsa Kabupaten Banggai yang memiliki potensi, sangat diharapkan mempunyai tanggung jawab sesuai perannya dengan tetap menjaga -nilai moral budaya bangsa dan daerah kita,” terangnya.

Wabup mengatakan, Pemilu serentak 2024 memang masih kurang lebih satu tahun lagi, namun hangatnya suhu politik akan mulai terasa di tahun 2022. Berbagai persiapan tahapan sudah dilakukan dari sekarang, salah satunya kegiatan pendidikan politik dengan tujuan memberikan pengetahuan pendidikan politik kepada masyarakat Kabupaten Banggai.

“Pada dasarnya bahwa partai politik merupakan salah satu wujud partisipasi masyarakat yang penting dalam mengembangkan kehidupan demokrasi disamping menjunjung tinggi kedaulatan rakyat, transparansi, keadilan, aspiratif, tanggungjawab dan perlakuan yang tidak diskriminatif. Partai politik juga merupakan salah satu wujud partisipasi yang menjunjung tinggi kebebasan dan cita-cita dalam memperjuangkan dan membela kepentingan politiknya, masyarakat, bangsa dan negara,” jelasnya.

“Maksud dari semua ini tentunya untuk menunjang kegiatan pendidikan politik kepada masyarakat dalam hal peningkatan kesadaran hak dan kewajiban, peningkatan partisipasi politik dan inisiatif masyarakat serta peningkatan kemandirian, kedewasaan dengan memperhatikan keadilan dan kesetaraan jender,” kata Wabup.

Untuk itu tambah Wabup, diharapakan kepada kita yang hadir saat ini untuk memberikan kesadaran berpolitik dan politik kepada para pemilih dan pemilih pemula, sehingga mereka memiliki kesadaran tentang pentingnya Pemilu dan Pilkada. “Mereka turut berperan aktif sebagai duta pemilu ke kawan sebayanya, kita ajak mereka berpikir mengurai tentang budaya politik yang harus mereka sikapi dan mendorong mereka aktif terlibat untuk membantu menjadi warga yang cerdas dan rasional,” jelasnya. */MAN