RAYA – Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda Banggai, Ir. Ferlin Monggesang berharap, kepada alumni Universitas Muhammadiyah () Luwuk yang juga sebagai masyarakat intelektual diharapkan mampu menjadi motivator dan dinamisator dalam membangun bangsa khususnya daerah yang sama kita cintai ini.

Hal itu disampaikan Ir. Ferlin Monggesang saat menghadiri acara Wisuda Angkatan ke- XX tahun 2022 Universitas Muhammadiayah, di salah satu hotel di Luwuk, Kamis (22/12/2022).

“Ini merupakan suatu peristiwa yang perlu dicatat atas keberadaan Universitas Muhammadiyah Luwuk yang telah berhasil menelorkan sejumlah sarjana yang cukup signifikan melalui satu institusi pendidikan tinggi formal di bawah panji pendidikan Universitas Muhammadiyah Luwuk. Wisuda ini merupakan refleksi keberhasilan penyelenggaraan pendidikan, hendaknya tidak hanya dipandang sebagai acara seremonial rutin saja. Tetapi harus disikapi secara arif dan bijak untuk melakukan koreksi terhadap proses manajerial penyelenggaraan pendidikan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan penilaian hasil yang telah dicapai. Keberhasilan tersebut merupakan hasil dari kerja keras dan usaha seluruh jajaran Universitas Muhammadiyah Luwuk,” kata Ferlin.

Olehnya itu sambung Ferlin, melalui momentum yang penuh bahagia ini, atas nama masyarakat Kabupaten Banggai menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah berhasil menyandang gelar sebagai seorang sarjana. “Semoga keberhasilan yang telah diraih ini dapat dijadikan sebagai motivasi untuk terus berusaha meraih cita-cita sekaligus dapat mengukir prestasi yang lebih baik lagi di masa mendatang, karena ini semua belumlah menjadi akhir dari perjuangan saudara-saudara,” jelasnya.

Menurutnya, kemajuan teknologi dan komunikasi saat ini menuntut semua pihak untuk senantiasa peka dan sigap terhadap beragam kemampuan dan keahlian yang dibutuhkan dalam bekerja maupun berkarya. Meski bukan yang paling utama. Keterampilan komputer yang memadai, penguasaan bahasa yang baik, maupun keterampilan komunikasi yang handal merupakan keunggulan-keunggulan yang saat ini sangat dibutuhkan di dunia kerja maupun usaha.

“Jadi ijazah dan pengetahuan teoritis yang didapat dimasa studi bukanlah jaminan untuk dapat memperoleh pekerjaan ataupun berwirausaha dengan mudah. Akan tetapi, saya yakin bahwa wisudawan wisudawati Universitas Muhammadiyah Luwuk kali ini telah memiliki suatu keunggulan yang dapat dibanggakan. Tentu saja wisudawan wisudawati sekalian harus mampu bertindak dinamis dan memanfaatkan segala peluang untuk terjun ke dunia kerja, menciptakan lapangan kerja, maupun berwirausaha, sekaligus turut berpartisipasi dalam membangkitkan optimisme dan dinamisme baru di tengah pesatnya kemajuan daerah,” tutur Ferlin.

Terkait dengan acara ini tambah Ferlin, secara lahiriah acara wisuda merupakan awal dari perpisahan segenap wisudawan wisudawati akan semakin berjarak meskipun kemajuan teknologi telah mempermudah kita dalam berkomunikasi. Kami berharap, bahwa seluruh alumni Unismuh Luwuk tetap dapat menjalin hubungan baik sekaligus menjaga nama baik almamater pada khususnya dan Kabupaten Banggai pada umumnya. */MAN