RAYA – Antusiasme peserta dalam proses seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 begitu besar, tahapan ini sebagai langkah awal untuk menjadi bagian dari aparatur negara di .

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan, pengumuman hasil seleksi administrasi akan dilakukan pada tanggal 18-19 September 2024. Bagi pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) atau lolos seleksi administrasi, akan melanjutkan ke tahapan seleksi berikutnya yakni seleksi kompetensi dasar (SKD). Sementara itu, bagi pelamar yang dinyatakan tidak lolos, dapat mengajukan sanggahan pada waktu masa sanggah yang telah ditentukan.

Untuk tahapan seleksi CPNS tahun 2024 sendiri terdapat tiga proses, diantaranya tahap seleksi administrasi, tahap seleksi SKD dan tahap seleksi komptensi bidang (SKB).

“Ketika pengumuman seleksi administrasi resmi telah keluar, maka bagi peserta yang Memenuhi Syarat (MS) akan lanjut ke tahap seleksi SKD dan yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dapat memanfaatkan waktu masa sanggah yang telah ditentukan oleh panitia,” kata Hermansyah Siregar selaku Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng.

Khususnya di wilayah Sulawesi Tengah, ia mengimbau kepada seluruh pelamar untuk terus memantau resmi melalui casn.kemenkumham.go.id atau melalui informasi pada media Instagram @birosdmsetjenkumham dan Twitter @CASNkumham.

Ia memastikan bahwa proses seleksi CPNS Kemenkumham Tahun 2024 dapat berjalan dengan transparan dan akuntabel, ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk turut serta memastikan tidak adanya pungutan liar atau modus percaloan yang menjanjikan kelulusan peserta.

kata Hermansyah, penerimaan CPNS gratis dan tidak dipungut biaya sepeserpun, serta kelulusan peserta adalah murni dari para peserta itu sendiri. “Kembali kami tegaskan, bahwa proses penerimaan ini tidak dipungut biaya, suksesnya peserta adalah prestasinya masing-masing,” tegasnya.*/YAT