RAYA-Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tolitoli tahun pelajaran 2024/2025 resmi dimulai, Selasa (9/7/2024). Kegiatan dibuka oleh Kepala MAN Tolitoli Muhammad A.Y Rumi di lapangan MAN Tolitoli, dihadiri oleh wakil kepala madrasah, guru, staf JFU, dan JFT MAN Tolitoli.

“Selamat datang, selamat bergabung, dan selamat menempuh pelajaran di MAN Tolitoli bagi seluruh peserta didik baru serta selamat mengikuti Matsama,” ujar Muhammad mengawali sambutannya, Selasa (9/7/2024).

Muhammad menyatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan Matsama ini adalah untuk memperkenalkan lingkungan madrasah, membentuk karakter siswa, serta menyampaikan materi yang diberikan oleh para narasumber.

“Selain itu, Matsama juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga belajar di madrasah serta mengembangkan kreativitas dan disiplin bagi peserta didik yang cerdas dan berakhlakul karimah,” ungkapnya.

Ia berharap agar seluruh peserta didik baru dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Matsama ini dengan baik dari awal sampai akhir. Muhammad juga memberikan gambaran singkat mengenai kegiatan yang ada di madrasah, seperti fasilitas yang mendukung proses pembelajaran serta kegiatan ekstrakurikuler di MAN Tolitoli.

“Kami bangga terhadap siswa baru yang telah memilih sekolah yang tepat, yang tidak hanya memberikan pelajaran umum tetapi juga menanamkan pelajaran agama, sehingga bisa menjadi peserta didik yang berprestasi dan berbudi pekerti baik,” tuturnya.

Sebelumnya, ketua panitia pelaksana Amalia Ihsani dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Matsama ini berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 9 sampai 11 Juli 2024, dari pukul 07.00 sampai 15.00 WITA, yang diikuti oleh 271 peserta yang dibagi dalam sepuluh gugus. Namun, pada hari pertama pelaksanaan Matsama ini hanya diikuti oleh 242 peserta, sedangkan sisanya tidak dapat mengikuti karena sakit, izin, dan alasan lainnya.

Amalia menerangkan bahwa muatan kegiatan formal dalam Matsama tersebut meliputi sejumlah materi, di antaranya tentang kemadrasahan, tata tertib dan norma yang berlaku di madrasah, sistem pembelajaran, perkenalan guru dan tenaga pendidik, pengenalan lingkungan madrasah, moderasi beragama bagi siswa, remaja produktif langkah nyata untuk masa depan, serta budaya dan kebiasaan kehidupan di madrasah.

“Selain itu Matsama juga memberikan materi berkaitan pendidikan karakter dengan shalat dzuhur dan ashar berjamaah,” jelasnya.*ENG