RAYA-Penyambutan rombongan jemaah Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) tahun 1445 H/ 2024 M berlangsung dengan khidmat di Nur Hidayah Pemda pada Ahad (7/7/2024) malam.

Dari total 43 orang jemaah haji yang berangkat, sebanyak 41 orang kembali dengan selamat ke Banggai Kepulauan. Dua orang jemaah diantaranya dinyatakan wafat, satu orang meninggal di rumah sakit Arab Saudi dan satu orang di rumah sakit Balikpapan.

Salah seorang Jemaah Haji sekaligus sebagai Sekretaris Daerah, Rusli Moidadi, mewakili jemaah haji, menyampaikan kesan selama perjalanan ibadah haji. Menurutnya, dari segi transportasi dan akomodasi, semua kebutuhan jemaah haji telah terpenuhi dengan baik. Konsumsi diberikan tiga kali sehari, termasuk buah-buahan dan air zam-zam. Seluruh makanan dimasak oleh orang Indonesia, sehingga jemaah tidak mengalami kendala terkait makanan.

Fasilitas kesehatan juga sangat diperhatikan. Setiap kloter dilengkapi dengan satu dokter dan dua perawat untuk memastikan kesehatan jemaah. Jemaah haji Kabupaten Banggai Kepulauan tergabung dalam Kloter BPN-08 mendapat tenda paling depan selama di Arafah. Seluruh fasilitas di dalam tenda disediakan, termasuk ketersediaan air yang mencukupi.

Di sisi lain, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Kepulauan, Sofyan Arsyad, dalam sambutannya mengajak para jemaah haji untuk menjaga haji mabrurnya dengan terus beribadah secara rutin dan menjalankan amalan meskipun bukan di tanah suci lagi.

Acara penyambutan diakhiri dengan penyerahan jemaah haji kepada keluarga oleh Bupati Banggai Kepulauan yang diwakili oleh Plh. Sekretaris Daerah, Aris Susanto. Penyerahan ini menjadi momen haru bagi para keluarga yang telah menanti kepulangan jemaah haji. *ENG