RAYA — Wali , menyatakan, realisasi pendapatan asli daerah (PAD) di Kota hingga saat ini baru mencapai 37 persen. Untuk itu, ia memita tim retribusi dan daerah untuk meningkatkan mencapai target penerimaan hingga akhir tahun.
Hal itu dikatakan Hadianto pada rapat koordinasi bersama Koordinator Tim Retribusi dan Pajak Daerah di ruang rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu, Rabu (3/7/2024).
“Saya menuntut komiu-komiu (kamu, red) mengejar ini, bukan untuk saya. Tapi untuk komiu. Saya jadi Wali Kota terakhir itu tahun ini dan komiu masih panjang. Harus kasih bagus komiu punya performa dan kinerjanya, harus bagus!,” katanya.
Ia bahkan melihat fenomena “menyedihkan” belakangan ini ihwal kinerja ASN dalam komitmennya menggenjot PAD. Menurutnya, tim-tim yang ditugaskan terlalu santai.
“Kalau nyantai kerja, oke tidak apa. Ini justru ada pendapatan daerah yang turun. Bagaimana mau tercapai kalau hanya santai? Coba buat perencanaan, buat FGD kecil,” tekannya. “Kalau pegawainya komiu santai, berarti komiu santai juga?,” sambung Wali Kota.
Untuk itu, Wali Kota menuntut kerja nyata dari tim pajak daerah agar bekerja lebih giat, konkret, dan membuahkan hasil nyata. “Turun ke lapangan. asisten III saya berikan tanggungjawab atas tim ini,” tutupnya. RHT