RAYA – Sosok AKBP Sugeng Lestari patut diacungi jempol. Perwira Menengah (Pamen) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) ini baru saja resmi menyandang pangkat Ajun Besar (AKBP) pada 1 Juli 2024 bertepatan momen Hari Bhayangkara ke-78.

Kenaikan pangkat ini merupakan buah dari dedikasi dan pengabdiannya yang luar biasa selama lebih dari 3 dekade di dunia kepolisian.

Lahir di Semarang, Jawa, AKBP Sugeng Lestari mengawali karirnya di Kepolisian dengan mengikuti Pendidikan Sekolah Bintara (Seba) Milsuk pada tahun 1989. Kecintaannya terhadap dunia kepolisian mengantarkannya untuk mengikuti pendidikan perwira di tahun 2003 dan Sespimma di tahun 2013.

Jenjang karir AKBP Sugeng Lestari terbilang cemerlang. Usai menyelesaikan pendidikan perwira, ia langsung dipercaya untuk menduduki jabatan penting di berbagai kesatuan kepolisian.

Pada tahun 2004, ia ditunjuk sebagai Ka SPKT Buol. Setahun kemudian, ia mendapat amanat sebagai Kapolsek Bokat Polres Buol.

Kemampuannya dalam mengungkap kasus kejahatan mengantarkan AKBP Sugeng Lestari untuk menduduki jabatan Kasat Reskrim Polres Buol di tahun 2009. Pada tahun 2010, ia kembali dipercaya untuk menjabat sebagai Kasat Reskrim di Polres Parigi Moutong.

Pengalaman dan dedikasinya tak berhenti di situ. Di tahun 2015, AKBP Sugeng Lestari dipercayakan sebagai Kabagops Polres Parigi Moutong dan di tahun 2017 ia mendapat promosi jabatan sebagai Wakapolres Tolitoli.

Pada tahun 2018, AKBP Sugeng Lestari ditunjuk sebagai Kasubbid Penmas , sebuah jabatan strategis dalam bidang kehumasan dan publikasi. Di bawah kepemimpinannya, Subbid Penmas Polda Sulteng menunjukkan yang gemilang dan berhasil membangun citra positif di mata masyarakat.

Kenaikan pangkat AKBP Sugeng Lestari ini merupakan bukti nyata dari komitmen dan dedikasinya dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang perwira Polri. Ia menjadi teladan bagi para personel Polri lainnya untuk terus bekerja dengan penuh semangat dan profesionalisme.

Lebih dari 3 dekade mengabdi di dunia kepolisian, AKBP Sugeng Lestari telah melalui berbagai lika-liku dan tantangan. Namun, dedikasi dan pengabdiannya tak pernah padam. Ia selalu berpegang teguh pada komitmennya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kenaikan pangkat ini menjadi motivasi baginya untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi yang bagi bangsa dan negara. AKBP Sugeng Lestari membuktikan bahwa dengan kerja keras, dedikasi dan pengabdian, siapapun dapat mencapai kesuksesan dan meraih cita-citanya.*/YAT