RAYA- Rektor Universitas Muhammadiyah () , Prof. Dr. H. , SE., MM, telah menandatangani dana hibah penelitian dan pengabdian Bima 2024 sebesar Rp1,467,988,000. Dana hibah ini diperuntukan kepada dosen yang proposal penelitian dan pengabdiannya dinyatakan lolos.

Penandatanganan dilangsungkan di Aula Rektorat Unismuh Palu pada Selasa (25/6/2024), bersama para pimpinan perguruan tinggi swasta lainnya yang juga menerima dana hibah tersebut, difasilitasi oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XVI.

Dana hibah ini dialokasikan sebesar Rp1,162,550,000 untuk kegiatan penelitian dan Rp305,438,000 untuk pengabdian masyarakat.

Dalam proses seleksi, sebanyak 25 proposal dari dosen Unismuh Palu dinyatakan lolos dan mendapatkan pendanaan dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) untuk tahun 2024.

Proposal yang lolos tersebut terdiri dari 18 judul untuk penelitian dan 7 judul untuk pengabdian masyarakat.

Menariknya, terdapat dua dosen yang berhasil meloloskan lebih dari satu proposal. Budiman berhasil meloloskan tiga proposal penelitiannya, sementara Rukhayati berhasil meloloskan satu proposal penelitian dan satu proposal pengabdian.

Adapun dosen-dosen lain yang proposal penelitiannya lolos adalah A Mappewali N, Abdur Rauf, Ahmad Yani, Dasa Febrianti, Hamidah, Ida Lestiawati, Indra Afrianto, Irmawaty, Isnada Waris Tasrim, Maisa, Muhammad Syukran, Rasmi Nur Anggraeni, Syamsul Haling, dan Umar. Untuk proposal pengabdian, dosen-dosen yang lolos adalah Muliadi, Herlina Yusuf, Isnada Waris Tasrim, Nur Rismawati, Sirajudin, dan Zhanaz Tasya.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM, menyampaikan apresiasi dan selamat kepada para dosen yang berhasil meloloskan proposal mereka. “Ini adalah pencapaian yang luar biasa. Jumlah proposal yang lolos tahun ini cukup besar dibandingkan beberapa tahun terakhir,” ujar Prof. Rajindra.

Ia berharap penelitian dan pengabdian yang dilakukan benar-benar sesuai dengan harapan pemerintah, mengingat dana yang digunakan berasal dari anggaran negara yang disediakan untuk riset dan pengabdian.

“Selamat kepada para dosen yang sudah dinyatakan lolos proposalnya, baik di bidang penelitian maupun pengabdian. Semoga tahun depan lebih banyak lagi yang ikut serta dalam penelitian dan pengabdian,” tambah Prof. Rajindra.

Di tempat terpisah, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Dr. Muliadi, SH., MH, juga mengucapkan selamat kepada para dosen yang proposalnya lolos.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas dorongan dan arahan dari Rektor Unismuh Palu, Prof. Rajindra, kepada LPPM dan juga kepada para dosen. “Dorongan dan arahan dari rektor sangat berpengaruh dalam pencapaian ini. Kami berharap dengan adanya dukungan yang terus-menerus, kita bisa meningkatkan jumlah proposal yang lolos di masa mendatang,” kata Dr. Muliadi.

Selain itu, Dr. Muliadi menekankan pentingnya kualitas penelitian dan pengabdian yang dilakukan. Menurutnya, penelitian dan pengabdian harus memberikan dampak nyata bagi masyarakat dan berkontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan. “Kami berharap bahwa hasil dari penelitian dan pengabdian ini tidak hanya bermanfaat bagi institusi, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi masyarakat luas,” jelasnya. Katanya, dengan diterimanya dana hibah ini, diharapkan para dosen Unismuh Palu dapat lebih termotivasi dalam mengembangkan penelitian dan pengabdian yang berkualitas. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Unismuh Palu untuk menjadi institusi pendidikan yang unggul dan berdaya saing tinggi dalam bidang riset dan pengabdian masyarakat.ENG