RAYA – Memasuki tahapan penyusunan Pemilih untuk Pemilihan Serentak Tahun 2024, Kota melaksanakan kegiatan Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih selama masa tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih.

“Kegiatan ini merupakan Instruksi Bawaslu Republik Indonesia nomor 6235.1 Tahun 2024 tentang pelaksanaan Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih yang diturunkan kepada Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota. Salah satu bentuk kegiatannya yaitu Lauching Posko Kawal Hak Pilih yang serentak dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 26 Juni Tahun 2024 di kantor Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota seluruh Indonesia,” ungkap Ketua Bawaslu , Agussalim Wahid melalui keterangan tertulisnya, Rabu (26/6/2024).

Di wilayah Kota Palu sendiri, Posko Kawal Hak Pilih tidak hanya dibuka di Kantor Bawaslu Kota Palu yang bertempat di Jalan Veteran No. 52.

Bawaslu Kota Palu juga melibatkan Panwaslu Kecamatan untuk mendirikan Posko Kawal Hak Pilih yang tersebar di 8 kantor Panwaslu Kecamatan se- Kota Palu.

“Selain itu, Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota diminta untuk mensosialisasikan kepada Masyarakat mengenai kesadaran akan status hak pilihnya mulai dari tahapan coklit hingga pelaksanaan pemungutan suara,” jelas Agussalim.

Sasaran Masyarakat akan difokuskan kepada Masyarakat yang rentan dalam kerawanan hak pilih.

Dan terakhir membentuk kegiatan serupa yang dapat disesuaikan dengan kearifan lokal dan peta kerawanan wilayah masing-masing. Kegiatan ini sendiri akan berlangsung hingga tanggal 27 November 2024 atau hari pemungutan dan perhitungan suara.

“Bawaslu Kota Palu juga mengimbau kepada Masyarakat Kota Palu untuk bersama-sama mengawal dan mengawasi pelaksanaan proses tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih, dan melaporkan jika menemukan pelanggaran dalam tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih ke Posko Kawal Hak Pilih terdekat,” jelas Agussalim. * WAN