RAYA– Badan Nasional () Kabupaten kembali menunjukkan komitmennya dalam memberantas penyalahgunaan narkoba melalui pelaksanaan Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba tahap 3. Kegiatan ini berlangsung di Balai Desa Loli Dondo, Sabtu 22 Juni 2024 dan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk fasilitator, narasumber, serta keluarga-keluarga yang ingin meningkatkan ketahanan mereka terhadap ancaman narkoba.

Kegiatan ini menghadirkan dua fasilitator yang berperan penting dalam proses penyampaian materi kepada peserta. Markus, S.Kep., Ns., bertindak sebagai fasilitator anak, sementara Desimawati, Amd.Kep., memegang peran sebagai fasilitator orangtua.

Selain itu, dua narasumber berpengalaman juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mereka adalah Masudin Radja, S.Sit., M.Kes., C.Ht. dan Fadhillah, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Kedua narasumber ini memberikan materi yang sangat relevan dan bermanfaat bagi para peserta.

Pada sesi orangtua, Masudin Radja menyampaikan materi tentang mengubah perilaku. Dalam sesi ini, Masudin menekankan pentingnya peran orangtua dalam merespons perilaku negatif anak. “Kegiatan ini bertujuan membantu para orangtua memahami cara yang efektif dalam merespons perilaku negatif anak. Orangtua juga dilatih untuk memberikan perintah yang efektif serta mengubah perilaku anak melalui kesepakatan tertulis,” ungkap Masudin.

Sementara itu, pada sesi anak, Fadhillah memberikan materi mengenai tekanan teman sebaya. “Kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu anak-anak memikirkan apa yang dapat mereka lakukan sebagai remaja agar diterima oleh orang lain. Mereka juga diajarkan cara-cara positif dalam menyesuaikan diri di lingkungan dan mengenali situasi tekanan negatif dari teman sebaya,” jelas Fadhillah.

Setelah sesi khusus untuk orangtua dan anak, kegiatan dilanjutkan dengan sesi keluarga yang dibawakan oleh kedua narasumber. Materi yang disampaikan pada sesi ini adalah berpikir tentang keluarga dan komunikasi. “Kami ingin membantu orangtua dan anak bergembira dan saling mengenal lebih dalam. Selain itu, kami juga mendorong mereka untuk berpikir tentang nilai-nilai penting dalam keluarga dan membangun keterampilan komunikasi yang baik,” tambah Masudin.

Kegiatan ini juga diwarnai dengan sesi tanya jawab dan game yang interaktif. Hal ini bertujuan untuk menciptakan suasana yang lebih santai dan menyenangkan bagi para peserta, sehingga mereka dapat lebih mudah menyerap materi yang disampaikan.

Dengan adanya kegiatan ini, BNN Kabupaten Donggala berharap dapat membangun ketahanan keluarga yang kuat terhadap ancaman narkoba. ENG