RAYA – Gerakan  pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pilkada Serentak 2024 akan dimulai hari ini, Senin (24/6/2024). Ketua , Idrus mengatakan, petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) akan memulai Gerakan Coklithari pertamausaidilantik dan di Bimtek        

“Setelah dilaksanakan pelantikan dan bimbingan teknis petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih), maka akan dilanjutkan dengan Gerakan Coklit hari pertama kepada Tokoh Masyarakat, pejabat pemerintah dan penyelenggara pemilu,”kata Idrus melalui pesan tertulisnya. 

Menurut Idrus, diperkirakan sekitar sore hari setelah bimbingan teknis tata cara coklit, maka apel siaga pelepasan gerakan coklit akan diarahkan kepada beberapa tokoh penting daerah di Kota antara lain, Anggota DKPP RI, Gubernur Sulawesi Tengah, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Wali Kota dan Wakil Wali , Ketua DPRD Kota Palu, Ketua Majelis Ulama Provinsi Sulawesi Tengah dan Ketua Majelis Ulama Kota Palu, Komisioner  Provinsi Sulawesi Tengah, Komisioner Sulawesi Tengah dan Bawaslu Kota Palu.

Selanjutnya, Rektor Universitas Tadulako, Universitas Alkhairaat, Universitas Islam Negeri Datokarama, serta beberapa tokoh penting daerah ini termasuk tokoh adat, dan tokoh . Gerakan coklit hari pertama ini akan dikomunikasikan  oleh KPU Palu bersama PPK dan PPS serta Pantarlih yang akan bertugas.

“Gerakan coklit hari pertama menandai awal kerja Pantarlih untuk secara terus menerus selama 30 hari mencocokkan data pemilih dengan fakta dokumen EL dan kartu keluarga yang dimiliki oleh pemilih. Pencocokan dan penelitian akan dimulai 24 Juni sampai 25 Juli 2024,”jelas Idrus.

PELANTIKAN PANTARLIH

Ketua KPU Kota Palu, Idrus mengatakan, sebelum menjalankan tugasnya, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) akan dilantikan Serentak 24 Juni 2024.

Pengambilan Sumpah/Janji Pantarlih bertempat di sembilan titik, tersebar pada delapan kecamatan se Kota Palu, Pantarlih akan dilantik serentak oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) disaksikan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan serta mitra kerja terkait.

Idrus mengatakan, Hari Senin 24 Juni 2024, Pelantikan dimulai pukul 08.00 – 10.00 WITA bertempat di sembilan titik. Lokasi pelantikan Pantarlih diantaranya Aula Kantor Kelurahan Lasoani dan Aula  Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore. Di dua lokasi ini  terdapat 207 Pantarlih yang akan bertugas di 104 TPS.

Kemudian, Kecamatan Palu Utara bertempat di Aula Serbaguna RSUD Madani Kelurahan Mamboro Barat, terdapat 64 Pantralih bertugas di 32 TPS. Kecamatan Palu Timur bertempat di Aula Kantor Kecamatan, terdapat 110 Pantarlih bertugas di 55 TPS.

Selanjutnya, Kecamatan Tawaeli bertempat di Gedung Serba Guna Kantor Camat Tawaeli, terdapat 61 Pantarlih bertugas di 32 TPS. Kecamatan Palu Selatan bertempat di Aula Bone Bulili Kantor Kecamatan Palu Selatan, terdapat 178 pantarlih bertugas di 89 TPS.

Kecamatan Tatanga bertempat di Aula SMKN 4 Palu, terdapat 136 Pantarlih bertugas di 68 TPS. Kecamatan Palu Barat bertempat di Aula Pontren Putri Kompleks Alkhairaat Palu, terdapat 118 pantarlih bertugas di 59 TPS. Serta Kecamatan Ulujadi bertempat di Aula Serbaguna Kantor Kecamatan Ulujadi, terdapat 94 Pantarlih bertugas di 47 TPS.

“Total jumlah Pantarlih yang akan dilantik dengan pengabilan sumpah/janji sebanyak 968, yang akan bertugas di 486 TPS. Selesai pelantikan akan dilanjutkan dengan bimbingan teknis dan apel siaga coklit serentak hari pertama. Pantarlih akan bertugas selama 30 hari menyasar sebanyak 127.401 Kepala Keluarga se Kota Palu,”jelas Idrus.

APEL SIAGA DAN GERAKAN COKLIT SERENTAK

Ketua KPU Kota Palu, Idrus menjelaskan dalam rangka pelaksanaan tahapan pemutakhiran data pemilih melalui pencocokan  dan penelitian data pemilih oleh Pantarlih, dilaksanakan apel siaga dan gerakan coklit hari pertama, Senin (24/6/2024).

“Apel siaga Pantarlih akan dipimpin oleh semua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Palu bertempat  di Kantor Kelurahan Lasoani, Kelurahan Talise, Kantor Kecamatan Palu Selatan, Kantor Kecamatan Palu Timur, Kantor Kecamatan Tawaeli, Aula RSUD Madani Mamboro Barat, Aula SMKN 4 Palu, Pontren Putri Kompleks Alkhairaat , dan Kantor Kecamatan Ulujadi,”sebut Idrus.

Menurut Idrus, Arahan PPK pada apel siaga terfokus kepada gerakan coklit hari pertama kepada tokoh masyarakat di wilayah masing-masing dan tata perilaku dan komunikasi Pantarlih saat coklit. Kemudian, arahan terkait  kewajiban menggunakan atribut, pentingnya menjaga kesehatan dan keselamatan kerja, tugas PPK dan PPS dalam monitoring coklit, serta hak dan kewajiban Pantarlih dalam mensukseskan coklit data pemilih pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu tahun 2024.

“Apel siaga yang terpusat di Panitia Pemilihan Kecamatan akan diasitensi dan dimonitoing oleh semua unsur Komisioner KPU Kota Palu bersama secretariat,”jelas Idrus. *WAN