RAYA Badan Pengawas Pemilihan Umum () RI menyelenggarakan kegiatan konsolidasi media dalam rangka penguatan pemberitaan pada pengawasan tahapan pemilihan serentak tahun 2024, yang diikuti sejumlah media yang ada di , Kamis (20/6/2024).

Kepala Sekretariat Bawaslu Sulteng, Drs. Anayanthy Sovianita, M.Si., dalam sambutannya mengatakan, media memiliki peran yang sangat penting dalam mengedukasi masyarakat terkait partisipasi dalam proses demokrasi, hak pilih serta implikasi dari pilihan politik yang diambil melalui pemberitaan-pemberitaan yang berimbang, dan terpercaya.

Sehubungan dengan itu, kata dia, konsolidasi media dalam melakukan pemberitaan pada pengawasan tahapan pemilihan serentak pada 2024 merupakan langkah yang tidak dapat diabaikan, dengan menjalin kerjasama antara Bawaslu dan media massa, menjaga integritas , mendidik masyarakat di tengah maraknya penyebaran hoaks dan berita palsu, serta berperan sebagai pengawas independen. Media dapat berkontribusi secara signifikan dalam memastikan bahwa proses demokrasi  berjalan dengan baik dan hasilnya dapat dipercaya oleh seluruh masyarakat.

“Melalui adanya konsolidasi media yang dilakukan ini, merupakan upaya yang dilakukan untuk mencegah adanya berita hoaks dan berita palsu dapat ditingkatkan secara signifikan, menginggat hoaks dan berita palsu memiliki potensi yang dapat merusak kontestasi pemilihan umum, karena dapat mempengaruhi opini publik secara tidak benar dan merusak integritas proses demokrasi,” katanya.

“Konsolidasi ini juga bertujuan untuk menjadikan media berperan sebagai pengawas independen, dalam hal ini media memiliki tanggungjawab untuk mengkritisi dan mengawasi jalannya proses Pemilu termasuk proses pelanggaran hukum atau kecurangannya yang mungkin terjadi, dengan demikian media tidak hanya menjadi pelapor berita tetapi juga menjadi penjaga kejujuran dan keadilan dalam proses politik, di tengah dinamika politik dan informasi yang semakin kompleks,” ucapnya

Untuk itu kata dia, melalui konsolidasi ini, media diharapkan dapat memberikan pemberitaan mengenai tahapan pemberitaan serentak tahun 2024 dapat menguatkan pemahaman masyarakat mendorong partisipasi aktif serta menjaga integritas legitimasi proses demokrasi di Indonesia.

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan itu Wakil Ketua PWI Sulteng, Fery dan Wartawan Desk Politik Harian Kompas, Nikolaus Harbowo. JAN