RAYA – Universitas Tadulako () telah membuka penerimaan baru jalur Seleksi . Jalur seleksi ini dibuka dari 14 Juni hingga 2 Juli.

Demikian dikatakan Wakil Rektor Untad bidang Akademik, Dr. Eng. Ir. Andi Rusdin, S.T., M.T., M.Sc, dalam konferensi pers terkait Seleksi Mandiri Untad, Kamis (20/6/2024), di Gedung Rektorat Untad.

Pada konferensi pers tersebut, Dr. Andi Rusdin didampingi Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) Untad, Dr. Ir. Munari, ST., MT., MM, Kepala UPA TIK Untad, Dr. Anita Ahmad Kasim, S.Kom., M.Cs, serta Koordinator Pelaksanaan UTBK Seleksi Mandiri, Yutdam Mudin,S.Si., M.Si.

Menurut Dr. Andi Rusdin, pendaftaran jalur Seleksi mandiri Untad akan dibuka pada jenjang vokasi D-III, D-IV atau Sarjana Terapan dan program S-1. Kata dia, ada sekitar 62 program studi (prodi) yang dibuka pada jalur seleksi kali ini.  “Pendaftaran diperuntukkan bagi lulusan SMA angkatan 2022, 2023, 2024,” ujarnya.

Dr. Andi Rusdin mengatakan, calon mahasiswa yang telah lulus penerimaan jalur SNBT dan telah melakukan registrasi ulang, tidak dapat mendaftar jalur Seleksi Mandiri. 

Adapun total kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri, yakni 2563 mahasiswa. Jumlah ini kata dia bisa bertambah, jika terdapat calon mahasiswa yang lulus di SNBT, namun tidak melakukan registrasi ulang. “Calon mahasiswa yang tidak melakukan registrasi ulang, jumlahnya akan dialihkan ke kuota Seleksi Mandiri,” ujarnya.

Lanjut Dr. Andi Rusdin, ujian Seleksi Mandiri ini akan menggunakan sistem Computer Based Text (CBT), seperti pelaksanaan UTBK -SNBT. UTBK jalur Seleksi Mandiri akan dilaksanakan pada 8 – 13 Juli. Menurutnya, jumlah hari pelaksanaan UTBK ini, tergantung dari jumlah peserta yang mendaftar. “Jika peserta yang mendaftar lebih banyak, jumlah hari pelaksanaan ujian berpotensi untuk ditambah,” ujarnya.  

Adapun pengumuman hasil Seleksi Mandiri akan dilakukan pada 22 Juli pukul 15.00 WITA.

Dr. Andi Rusdin menambahkan, pada jalur Seleksi Mandiri ini juga dibuka jalur afirmasi. Kuota jalur afirmasi ini kata dia, sekitar 30 persen dari total daya tampung Seleksi Mandiri.

Ada beberapa macam jalur afirmasi, di antaranya afirmasi prasejahtera, afirmasi keluarga sivitas akademika Untad, afirmasi , afirmasi Ketua OSIS, afirmasi penyandang disabilitas, afirmasi putra putri guru, serta afirmasi kemitraan.

Pendaftaran jalur Seleksi Mandiri Untad dapat diakses pada laman pmb.untad.ac.id. Pendaftaran jalur Seleksi Mandiri ini dikenakan biaya pendaftaran Rp250.000 melalui BNI.*ENG