RAYA-Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Sulawesi Tengah semakin dekat, tepatnya dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024. Sejumlah nama mulai mencuat sebagai kontestan dalam Pilkada tersebut, antara lain Ahmad Ali, Rusdy Mastura, , Lapatta, dan Hidayat Lamakarate.

Menyikapi hal ini, seorang akademisi di Sulawesi Tengah, Dr. Moh Rizal Masdul, M.Pd, memberikan apresiasi atas munculnya berbagai tokoh baik dari kalangan senior maupun muda.

Namun, Dr. Rizal menekankan bahwa ada satu aspek krusial yang harus diperhatikan oleh para calon jika mereka terpilih, yaitu iklim pendidikan di provinsi ini. Menurutnya, pendidikan tidak boleh hanya menjadi janji kampanye atau alat politik untuk meraih suara, tetapi harus menjadi fokus utama setelah terpilih.

“Pendidikan adalah tonggak utama dalam pembangunan, karena berkaitan langsung dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Jika kualitas pendidikan rendah, maka kualitas SDM di daerah tersebut juga rendah. Sebaliknya, jika pendidikan bagus, SDM-nya juga berkualitas,” ujar Dr. Rizal saat di temui di , Rabu (19/6/2024).

Dr. Rizal berharap agar siapapun yang nanti diberi amanah oleh masyarakat Sulawesi Tengah untuk memimpin provinsi ini bisa menaruh perhatian serius pada dunia pendidikan. Ia menyarankan adanya peningkatan sarana pendidikan di sekolah-sekolah daerah dan peningkatan kualitas SDM para guru melalui beasiswa pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sebagai anggota Tim Asesor PPG, Dr. Rizal mencatat bahwa banyak sekolah di daerah yang kondisinya memprihatinkan dan membutuhkan penanganan serta perhatian serius dari pemerintah. Begitu juga dengan kualitas guru yang harus ditingkatkan.

“Bagaimana bisa mencetak generasi unggul dan menuju Indonesia Emas 2045 jika kondisi pendidikan seperti ini? Daerah ini membutuhkan pemimpin yang tidak hanya fokus pada urusan politik, pembangunan fisik, dan , tetapi juga yang memiliki perhatian serius terhadap masalah pendidikan,” tambah Dr. Rizal.

Dengan Pilkada yang semakin mendekat, harapan besar masyarakat Sulawesi Tengah agar pemimpin yang terpilih nanti dapat membawa perubahan signifikan, terutama dalam sektor pendidikan, demi masa depan yang lebih baik.ENG