RAYA – Kunci utama dalam pengentasan adalah penguatan data DTKS. Karena dengan adanya data yang valid, akurat dan terkini, tentunya akan mengarah pada kebijakan yang tepat dan berkelanjutan.

“Data merupakan hal yang sangat penting, data merupakan hal yang sangat konkrit, dari data kita bisa mengetahui masalah dan dari data pula kita bisa mendesain masalah menjadi sebuah solusi,” ungkap Mohamad Irwan saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Data Terpadu Kesejahteraan (DTKS) dalam rangka Penurunan Kemiskinan Ekstrim di Kabupaten , di Aula Tadulako, Rabu (12/6/2024).

Rakor tersebut menghadirkan Narasumber dari pusat data dan kementerian sosial RI Rahmat Setiawan.

Menurutnya Bupati Irwan, dengan penguatan data yang akurat dan terkini kita bisa pastikan bahwa program-program sosial dari Pemerintah dapat tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran. Sehingga pengentasan kemiskinan dapat tercapai.

Olehnya, Terkait penguatan data DTKS ini lanjut Bupati Irwan, harus terstruktur dan sistematis dari bawah, mulai dari tingkat RT, Dusun dan Desa. Dan ini diperlukan koordinasi dan kontrol penuh dari para pimpinan wilayah.

Ia pun menginstruksikan  bahwa setiap Pengusulan DTKS harus melalui musyawarah dari tingkat RT, Dusun dan Desa. Dan setiap musyawarah tersebut harus menghasilkan berita acara.

“Sehingga data yang tersaji di dalam DTKS adalah masyarakat yang betul-betul membutuhkan bantuan dan dapat dapat memperoleh manfaat dari berbagai program pemerintah,”harapnya.

Bupati Irwan pun mengingatkan kepada Dinas Masyarakat dan Desa agar tidak melakukan asistensi terhadap Desa yang tidak melakukan Rakor dari tingkat RT, Dusun dan Desa.

Sementara Kepala Dinas Sosial Ariyanto mengatakan tujuan dilakukannya Rakor ini adalah untuk harmonisasi dan sinergi antara data terpadu kesejahteraan sosial dan data kemiskinan ekstrim sehingga menghasilkan data yang valid dan teruji.

“Kami harap para Kepala Desa, BPD dan Operator desa agar mengikuti rakor ini dengan baik. Agar penguatan data di dapat menghasilkan data yang valid dan teruji,”harapnya.

Acara ini juga disertai dengan penyerahan bantuan dari pihak swasta yang berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah dalam upaya pengentasan kemiskinan ekstrim dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sigi.

Turut hadir Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah Sitti Hasbiah N. Zaenong, Kepala Dinas Koperasi dan Sulteng Sisliandy Ponulele, Plh Sekda Sigi Selvy, Kepala Inspektur Inspektorat Sigi Andi Wulur, Kadis PMD Muhamad Ambar Mahmud, Para Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Sigi beserta operator Desa. FRY