RAYA – Polsek Luwuk memberikan pembinaan, penyuluhan dan sosialisai bahaya penyalahgunaan narkoba serta pencegahan kenakalan remaja kepada pelajar di salah satu ruang kelas di SMPN 6 Kilongan Permai, Kabupaten Banggai, Sabtu (8/6/2024).

Sosialisasi yang digelar di ruang kelas sekolah itu, dihadiri oleh Kepala SMPN 6 Luwuk, Lurah Kilongan, Bhabinkamtibmas Bripka Seprianto dan puluhan pelajar.

Dalam materinya, Bhabinkamtibmas Polsek Luwuk Bripka Seprianto mengatakan, pentingnya penyuluhan bahaya narkoba ini dilakukan pada kalangan pelajar sebagai bentuk perlindungan generasi penerus agar tidak terjerumus dalam perbuatan yang menyimpang.

Ia juga mengimbau pelajar agar memahami efek samping yang ditimbulkan dari penyalahgunaan narkoba, lem pox dan alkohol yang mengganggu kesehatan, mental, hingga kematian. “Banyak efek buruk yang ditimbulkan dalam penyalahgunaan narkoba, mulai dari kesehatan, psikologis dan kematian. Oleh karena itu, agar semua pihak dapat mengantisipasi anak-anaknya demi masa depan para generasi penerus bangsa,” terang Seprianto.

Pada kesempatan itu, Seprianto mengimbau para pelajar untuk menghindari kenakalan remaja, diantaranya berkelahi, tawuran, bolos sekolah, mencuri, mengakses atau menyebar konten pornografi, balap liar dan lain-lainnya.

Menurutnya, kenakalan remaja banyak memiliki dampak buruk dalam kehidupan, baik dari diri sendiri maupun orang lain. Jadi para remaja perlu diberi pengawasan dan untuk mengantisipasinya. “Saya meminta kepada pihak sekolah, pihak terkait, keluarga, pelajar dan masyarakat untuk ikut berperan membantu aparat kepolisian dalam mencegah kenakalan remaja,” jelas Seprianto.*/MAN