RAYA – PT Patra Niaga Regional Sulawesi melalui unit bisnisnya Retail Area Sulawesi Tengah telah melakukan extra dropping atau penambahan stok LPG 3 Kg dalam rangka mengantisipasi peningkatan konsumsi selama hari raya Idul Adha 1445 Hijriah. Penambahan stok LPG 3 Kg tersebar di 11 Kabupaten dan Kota di Sulawesi Tengah.

Sales Area Manager Retail Sulawesi Tengah, Fakhri Rizal Hasibuan, mengatakan tambahan ini untuk mengantisipasi peningkatan konsumsi saat Idul Adha.

“Kami melakukan extra dropping kurang lebih sebanyak 52 ribu tabung khususnya untuk sektor usaha dan rumah tangga miskin yang mana memerlukan LPG 3 Kg untuk memenuhi kebutuhan dalam rangka memasuki bulan Idul Adha dan libur panjang,” ucapnya.

Pertamina menambah stok LPG 3 Kg tersebar di 11 kabupaten dan kota yaitu sebanyak 12 ribu tabung, Banggai sebanyak 8 ribu tabung, Buol sebanyak seribu tabung, sebanyak 6 ribu tabung, Morowali sebanyak 3 ribu tabung dan Morowali Utara sebanyak 2 ribu tabung. Selanjutnya  Parigi Moutong sebanyak 7 ribu tabung, Poso sebanyak 3 ribu tabung, sebanyak 4 ribu tabung, Tojo Una-Una sebanyak 2 ribu tabung, dan Tolitoli sebanyak 3 ribu tabung,  penambahan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang berada di wilayah tersebut.

Area Manager Communication, Relation & Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw menjelaskan terkait suplai LPG di Sulawesi Tengah.

“Untuk ketersediaan LPG di Provinsi Sulawesi Tengah, disuplai dari 42 Agen Public Service Obligation (PSO) dan 15 Agen Non PSO dengan total pangkalan sebanyak 5.661 Pangkalan LPG 3 Kg dan 1.942 Outlet LPG Non PSO untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Fahrougi menambahkan bahwa LPG 3 Kg adalah barang subsidi yang diperuntukan bagi pengguna sektor rumah tangga, usaha mikro, sasaran, dan nelayan sasaran sehingga perlu pengawasan dari banyak pihak dalam pendistribusiannya. Selain LPG 3 Kg subsidi, Pertamina juga memiliki produk non subsidi yaitu Bright Gas 12 Kg untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Sulawesi Tengah.

“Kami mengimbau konsumen dapat membeli LPG 3 Kg di pangkalan resmi, karena harga yang dijual sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET), kuantitas terjaga dan masyarakat tidak perlu panic buying atau melakukan pembelian berlebih, kami memastikan stok aman untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat selama Idul Adha,” ungkapnya. *WAN