RAYA- Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan , disulap menjadi arena turnamen Domino antar gardu Se , dibuka oleh Gubernur Sulteng diwakili Drs. Irvan Aryanto, M.Si, selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulteng, Sabtu (7/6/2024) malam.

Turnamen yang mengangkat tema “Liga persaudaraan kecerdasan otak antar gardu Se Kota Palu,” akan berlangsung beberapa hari kedepan, dilaksanakan di halaman kampus yang beralamat di Jalan Nuri Kota Palu ini.

Pembukaan Turnamen domino ditandai dengan menurunkan batu bala enam domino oleh Kadispora, didampingi Ketua Dewan Pembina Domino Sulteng, Iqbal Andi Magga dan Ketua panitia serta pengurus inti kegiatan tersebut.

Selaku Dewan pembina pelaksana, turnamen domino, Iqbal Andi Mangga mengatakan. Lomba domino ini menjadi ajang silaturahim dengan para penggemar domino yang ada di Kota Palu. Dan tentunya karena ini turnamen diadakan di kampus, sekaligus mengenalkan keberadaan kampus STIA Pembangunan Palu ke masyarakat luas bahwasanya kampus ini merupakan salah satu kampus pilihan masyarakat Sulteng dan sekitarnya untuk melanjutkan pendidikan tinggi, dengan letak kampus yang sangat strategis berada di tengah kota sehingga mudah diakses.

“Saya harap pertandingan domino ini bisa menjadi perekat silaturahmi bagi kita semua terutama bagi yang punya hobby main domino. Mari kita kembangkan hobby dan keluarkan bakat bermain domino siapa tahu bisa jadi pemenangnya di lomba ini. Sebab kegiatan seperti ini akan rutin dilaksanakan,” ujar Iqbal Andi Magga.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Kadispora Sulteng, Drs. Irvan Arianto M.Si, yang sebelumnya menyampaikan apresiasinya kepada penyelenggara kegiatan turnamen domino yang tengah berlangsung saat ini

“Mewakili gubernur, kami sangat mengapresiasi pelaksanaan turnamen domino ini. Apalagi setelah melihat peminat domino yang begitu banyak ini menjadi salah satu bukti bahwa olah raga domino mendapat tempat yang spesial dimasyarakat kita dan patut untuk diberikan ruang untuk menjadikan Sulawesi Tengah sebagai salah satu peserta dengan atlit domino nya yang siap juga untuk ikut bertanding di PON,” ujar Irvan.

Disamping sebagai ajang silaturahmi katanya, Ia jga berharap berharap pertandingan domino ini bisa menjadi alat pemersatu dalam kebersamaan menjaga keamanan daerah ini agar tetap kondusif dan aman.

“Diajang domino ini kita bisa berkumpul bersama dalam suasana silaturahmi. Tentunya kita berharap dengan silaturahmi ini, kita bisa menjaga Kota Palu khususnya dan Sulteng pada umumnya agar tetap aman dan kondusif. Apalagi di tahun politik ini, kita boleh beda pilihan tapi jangan sampai saling benci dan merusak hubungan kekerabatan. Saya berharap pula melalui kompetisi seperti ini kita bisa membangun kebersamaan,” harapnya.

Pihaknya juga menyambut baik kegiatan ini dan berharap kegiatan ini nantinya akan menjadi salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan di PON.

“Tahun ini menjadi tahun uji coba bagi olah raga domino dan insya Allah tahun 2028, Sulteng bisa berpartisipasi di cabang olahraga domino. Dan kita berharap di ivent seperti ini akan melahirkan atlit domino Sulteng,” tutur Irvan.

Secara terpisah, J Andi Fattah Ketua Porsi Samarinda juga menyampaikan apresiasinya kepada pihak panitia turnamen domino dan begitu salut atas pelaksanaan turnamen domino yang diselenggarakan hari ini. Meskipun kata dia, turnamen domino ini masih sebatas persahabatan namun antusias masyarakat mengikuti lomba ini sangat luar biasa.

“Melihat animo masyarakat yang sangat antusias ini, saya harap ajang domino ini bisa melahirkan atlit-atlit domino menuju ke PON,” ujar H.Andi Fattah.*ENG