RAYA – Kebakaran menghanguskan delapan bangunan di kompleks kampung Bugis, Kelurahan Kolonodale, Kecamatan Petasia, Kabupaten Morowali Utara Rabu dini hari (5/6/2024). Pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemerintah Kabupaten Morowali Utara dan Damkar PT Stardust Estate Investment (SEI) bersama warga ikut membantu upaya pemadaman.

Api dilaporkan berkobar sekitar pukul 02.30 WITA dini hari, rumah warga yang saling berdekatan di lokasi kejadian membuat api cepat merembet. Api diduga berasal dari loteng salah satu rumah warga atas nama Ambo Tuo Abdullah disebabkan kosleting listrik.

Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Morowali Utara Yairus Tansala SE menyampaikan lima unit Damkar diturunkan untuk memadamkan api. Proses pemadaman dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran Kabupaten Morowali Utara dibantu masyarakat setempat.

“Pada pukul 04.20 WITA satu unit kendaraan pemadam kebakaran PT SEI tiba membantu untuk melakukan pemadaman. Pada pukul 05:15  WITA api dinyatakan padam setelah selesai dilakukan pendinginan,” ujarnya.

Yairus menyebutkan akibat kejadian ini kerugian material diperkirakan kurang lebih Rp4 miliar. “Berikut nama-nama pemilik rumah yang rumahnya terbakar; Hi. Ambodalle abdullah, Abdullah Hasan, Hj. Maelang, Ambo Lawahe, Rahmat (kawiah), Galib Hi. Bannya, Arpan Lawahe dan Ambo Tuo Abdullah,” sebutnya.

Salah satu perwakilan perusahaan PT SEI, Lim menjelaskan bahwa kehadiran PT SEI tidak hanya berfokus pada kepentingan bisnis namun juga selalu mengedepankan -nilai kemanusiaan dan keberlanjutan yang dengan sigap turun tangan saat kondisi bencana terjadi di sekitar lingkar industri, jika dibutuhkan.

“Dengan fasilitas perusahaan yang ada, kami dapat membantu dan senang jika keberadaan PT SEI ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” ucapnya.

Salah seorang warga mengucapkan terimakasih atas kontribusi sejumlah pihak atas bantuan pemadaman api tersebut melalui postingan di Medsos.

“Kami dari warga kampung Bugis berterimakasih kepada Bpk Bpk Damkar yg sudah sangat Hebat memadamkan Api pada kebakaran tadi malam di Kap. Bugis. Tak Lupa juga kami ucapkan terimakasih banyak Kpd Bpk Hendro dan Bpk Lim Jung Men telah membantu menghubungkan kpd Damkar PT.SEI sehingga Bpk Bpk Damkar PT.SEI dgn semangatnya bekerjasama dgn Damkar Morut untuk memadamkan kobaran Api,” tulis salah seorang warga di postingan Facebook. * VAN