RAYA – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II dibawa naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Sulawesi Tengah (Kanwil ) menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-166 Tahun 2024, Senin (20/5/2024) di halaman kantor LPKA setempat.

Upacara tersebut, diikuti oleh seluruh Pejabat Struktural eselon IV dan V serta seluruh pegawai di jajaran Kantor .

Dengan Mengusung tema, Bangkit Untuk Indonesia Emas, Harkitnas Tahun 2024 bertujuan untuk membawa nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit menuju Indonesia Emas 2045.

Bertindak menjadi pembina upacara, Yeffri Haryanto Balili selaku Kepala Seksi Registrasi, dengan tegas dan penuh khidmat membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI yang mengatakan, bangsa Indonesia diimbau untuk terus semangat dalam mengelola bonus demografi yang dimiliki Indonesia dengan bijaksana, yakni salah satunya adalah adobsi teknologi .

“Potensi-potensi ini tentu mendukung percepatan , sekaligus membuka peluang bagi Indonesia untuk keluar dari middle-income trap,” kata Menkominfo. Lanjutnya, aspek bisnis, dan , transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis.

Sementara, Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun dengan langkah konkret terus mendukung dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. “Hal tersebut tidak terlepas dari peran generasi muda, mereka adalah penerus bangsa yang akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan bangsa ini. Kita di LPKA Palu terus berupaya akan hal tersebut, segala inovasi program pembinaan terus kita hadirkan demi kemajuan bangsa dan negeri ini,” tegas Revanda.

“Dan itu tidak terlepas dari jalinan sinergitas yang kita bangun bersama stakeholder dan para pemerhati anak, bukan hanya sekeder wacana, ini komitmen kita. Di hari ini, mari kita bangkitkan semangat yang menggelora untuk lebih maju,” tambahnya.

Di tempat berbeda, Sulteng, Hermansyah Siregar berharap seluruh jajarannya di Lapas/Rutan/LPKA dapat memaknai dan memperingati Harkitnas ke-166 Tahun 2024 untuk terus berjuang, bertumbuh dan melangkah maju dengan semangat untuk bangkit.

“Selamat Harkitnas 2024, mari kita terus berjuang demi Indonesia Emas 2045. Tunjukan hal itu dengan inovasi program-program pembinaan yang diberikan kepada Warga Binaan dan Anak Binaan,” harap Kakanwil Hermansyah.*/YAT