RAYA – PT Tbk terus memberikan dukungannya ke masyarakat yang terkena dampak Longsor di Kabupaten Luwu.

Tak hanya bantuan dan kebutuhan medis, tapi juga turut membantu membuka akses jalan yang terisolir akibat longsor.

Kepala Dusun Malappa, Desa Puringan, Kabupaten Luwu, Zainuddin menyampaikan terima kasih kepada yang telah mengerahkan alat berat membuka akses jalan yang tertutupi tanah longsor. Dengan begitu, masyarakat dengan mudah menerima bantuan dari luar.

“Selama ini kami harus jalan kaki sejauh 10 km ke lokasi bantuan untuk mendapatkan bantuan sembako. Pernah ada masuk bantuan lewat helikopter tapi hanya sekali sejak terjadinya longsor,” ujar Zainuddin dalam keterangan tertulis yang diterima Sulteng Raya, Rabu (21/5/2024).

Selain memudahkan masyarakat mendapatkan sembako, pembukaan akses jalan ini juga dapat membuat anak-anak sekolah bisa kembali pergi sekolah. Selama ini para siswa tidak dapat berangkat sekolah karena terhalang longsor.

“Saat ini akses jalan sudah bisa dilewati meskipun belum sepenuhnya. Kami harapkan akses jalan ini bisa segera pulih kembali,” harapnya.

Salah seorang warga Dusun Malappa, area terluar Desa Puringan, Imma mengapresiasi bantuan PT , dan merasakan manfaat dari bantuan alat berat dalam membuka akses jalan.

“Sejak kejadian longsor akses jalan terputus dan tidak bisa dilalui kendaraan, akhirnya sekarang sudah bisa sedikit dilewati motor. Semoga ke depan, bantuan terus berlanjut sehingga jalanan semakin bagus hingga ke Malappa,” katanya.

Sementara itu, Direktur Eksternal Relations PT Vale, Endra Kusuma mengatakan, Perseroan telah mengirim dua alat berat dan 1 dump truck dari Sorowako ke Luwu

“Kami berkoordinasi dengan Dinas PUPR Luwu, dan alat berat tersebut diarahkan ke Suli Barat untuk membersihkan longsoran di daerah pegunungan yang terkena dampak banjir dan longsor,” katanya.

“Ini merupakan bantuan kedua. Sebelumnya, kami juga telah mengirimkan bantuan logistik dan kebutuhan lainnya,” paparnya.

Hingga Ahad 19 Mei 2024, alat berat PT Vale bersama tim kontraktor PT Vale dari PT Ithikhara menurunkan sembilan orang pekerja di wilayah, Dusun Talobo Desa Puringan, Kabupaten Luwu.

Kadis PUPR Kab Luwu, Iksan Asaad menuturkan, alat berat beroperasi untuk memperbaiki akses jalan dari Desa Kaili menuju Desa Puringan, Kab Suli Barat estimasi sekitar 10 kilometer (km).

“Alat bekerja wilayah Desa Puringan di Dusun Talobo dan selanjutnya akan menuju Dusun Malappa. Dari 50 titik yang akan diperbaiki, sekarang sudah di titik 27. Target pekerjaan perbaikan selesai satu minggu ke depan,” tuturnya

Pada awal Mei lalu, PT Vale melalui Departemen External Relations dan Departemen Health Safety & Operational Risk (HSOR) telah menerjunkan langsung Tim Emergency Response Group (ERG) dan menyerahkan bantuan logistik kepada korban banjir bandang di Belopa, Luwu. */RHT