RAYA-Seluruh sekolah tingkat SMP secara serentak melaksanakan ujian akhir untuk para murid kelas IX, salah satunya SMPN 2 yang melaksanakan ujian akhir menggunakan sistem android.

Ujian tersebut dilaksanakan mulai 13 — 17 Mei 2024, seluruh siswa akan mengikuti ujian akhir yang sama dengan pelaksanaan Ujian Nasional sebelumnya. Khusus SMPN 2 Palu mereka menyiapkan 20 raung kelas untuk ujian, menyesuaikan dengan jumlah siswa sebanyak 343 orang.

“Pelaksanaan ujian ini sangat penting makanya kami meliburkan seluruh siswa kelas VII dan VIII, karena seluruh siswa kelas IX harus fokus mengikuti ujian tanpa adanya gangguan. Apalagi pelaksanaan ujian kami menggunakan sistem android. Hingga saat ini kami belum menemukan kendala, kami berdoa semoga pelaksanaan ujian ini bisa berjalan dengan baik hingga selesai,” kata Kepala SMPN 2 Palu, Ramlah M Sirri, Senin (13/5/2024).

Untuk mengantisipasi siswa yang tidak memiliki android, sekolah telah menyiapkan dua ruang komputer. Agar seluruh siswa bisa melaksanakan ujian sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Sebab setiap harinya mereka harus bisa melaksanakan ujian untuk dua mata pelajaran.

“Salah satu manfaat untuk pelaksanaan ujian berbasis Android yaitu karena para siswa sekaligus bisa mengaktifkan akun belajar masing-masing. Dengan begitu akun Id belajar mereka tetap aktif seperti saat mereka melaksanakan pembelajaran di sekolah. apalagi kegiatan ini sudah kami laksanakan dari beberapa tahun terakhir. Apalagi sekolah ini merupakan salah satu sekolah berbasis yang seluruh pembelajarannya harus bisa menggunakan sistem digital,” terangnya.

Pihaknya hanya bisa mengimbau kepada seluruh siswa, untuk terus memaksimalkan pembelajaran dan persiapan di rumah dalam mengikuti ujian. Sebab ini merupakan ujian penentu bagi mereka untuk bisa lulus sekolah. MS