RAYA – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulteng mengelar Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas (Adujak) GenRe 2024 bertemakan “Pearl Of Megalith” di salah satu hotel di Kota , Sabtu (12/5/2024).

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun tersebut merupakan apresiasi dan kepada remaja yang telah memberikan dukungan dan dedikasinya khususnya pada program genre termasuk sosialisasi pencegahan . Adapun kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pemilihan Duta Genre serta Jambore Ajang Kreativitas 2024 se-Sulteng

Kepala Perwakilan BKKN Sulawesi Tengah, Tenny C. Soriton, dalam sambutannya menuturkan, tema Adujak saat ini terinsipirasi dari program yang mencanangkan dan mempromosikan Sulteng Negeri Seribu Megalit.

“Secara filosofi bahwa mutiara itu sesuatu yang bernilai tinggi dan berkilau. Lumpur sekalipun tidak akan menutup kilaunya sedangkan megalit adalah simbol kejayaan peradaban dimasa lalu. Jika dikaitkan maka dengan program genre, remaja Sulteng diharapkan menjadi remaja berkarakter, memahami konsep diri, punya kualitas mumpuni, adaptif dan berkarakter sehingga menjadi mutiara yang prestasinya menyilaukan dan menginspirasi remaja lainnya dari masa kemasa,” jelas Tenny C. Soriton.

Tenny juga mengatakan, dalam enam tahun terakhir OPD kabupaten dan kota telah melaksanakan apresiasi Duta Genre, bahkan, di 2024 sudah terdapat kabupaten dan kota yang telah melaksanakan apresiasi Duta Genre.

Sementara itu, Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Keluarga BKKBN RI, Nopian Andusti, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Adujak itu. Menurutnya, remaja merupakan generasi penerus bangsa yang diharapkan akan melahirkan generasi yang berkualitas yang mampu bersaing secara global.

Dikatakannya, harapan itu dapat terwujud jika remaja tidak mengalami stunting. Untuk itu, kata dia, persoalan stunting harus segera diselesaikan bersama dan butuh sinergi untuk menuntaskannya.

“Remaja adalah masa depan bangsa, ditangan para remaja inilah nanti yang akan melahirkan generasi generasi yang akan datang satu prasyarat yang mutlak bahwa generasi yang dilahirkan adalah generasi yang berkualitas oleh karena itu untuk menuju generasi berkualitas anak anak yang dilahirkan harus sehat harus cerdas memiliki kemampuan untuk bersaing di dunia internasional maka syaratnya tidak stunting persoalan stunting merupakan persoalan yang harus kita selesaikan bersama,” ucapnya. JAN