RAYA – Bhabinkamtibmas Polsek Luwuk, Ipda Jeff Satolom mensosialisasikan pencegahan tindak diskriminasi pada penderita HIV/AIDS, serta untuk mengantisipasi penularan HIV/AIDS kepada masyarakat, di kantor Kelurahan Jole Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Rabu (8/5/2024).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri Datokaramah itu dihadiri masyarakat dan Karang Taruna Kelurahan Jole, Luwuk.

Dalam sambutannya, Bhabinkamtibmas mengatakan, penyuluhan ini merupakan salah satu program KKN dari adik-adik Mahasiswa, sebagai langkah awal yang bertujuan untuk membantu pencegahan, perawatan dan pengobatan bagi penderita HIV/AIDS.

“Olehnya itu, mari kita bersama-sama berkomitmen untuk terus memerangi penyebaran HIV/AIDS dan memberikan segera penatalaksanaan dalam upaya mempertahankan kesehatan,” kata Jeff.

Menurutnya, dengan mengetahui status HIV, perlu disiplin dalam melaksanakan pengobatan bagi warga ODHA yang dapat mempertahankan kualitas kesehatan untuk optimalnya program kemandirian.

HIV/AIDS juga diharapkan dapat merubah cara pandang masyarakat terhadap penderita HIV/AIDS sehingga stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA) dapat dihindari jauhi penyakitnya dan dekati orangnya,” pesan Jeff.*/MAN