RAYA – Sebagai upaya memerangi masalah yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak, Branch meluncurkan program bantuan makanan tambahan yang ditargetkan untuk keluarga dengan anak-anak yang berisiko mengalami stunting selama dua hari, Selasa dan Rabu (7-8/5/2024).

“Program itu dirancang untuk memberikan dukungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak di dua Desa Sidera dan Watunonju yang mengalami atau berisiko mengalami stunting. Stunting adalah kondisi pertumbuhan yang terhambat yang terjadi akibat kekurangan gizi kronis, sering kali dimulai sejak dalam kandungan hingga dua tahun pertama kehidupan,” kata Manager Location Alfamidi Branch Palu, Faan Muslimin, dalam keterangan tertulis yang diterima Sulteng Raya, Jumat (10/5/2024).

Pentingnya Intervensi Nutrisi

Studi menunjukkan bahwa intervensi nutrisi pada 1000 hari pertama kehidupan anak adalah kunci untuk mencegah stunting, yang dapat memiliki dampak jangka panjang pada kesehatan fisik dan kognitif. Program itu akan menyediakan makanan tambahan yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral yang penting untuk pertumbuhan anak.

Kolaborasi untuk Perubahan

Alfamidi Branch Palu bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Sulawesi Tengah serta pemerintah setempat, dan mitra swasta CV Anugrah Perdana (), memastikan bahwa makanan tambahan itu mencapai keluarga yang membutuhkan. Kegiatan itu juga akan disertai dengan , penyuluhan, dan konseling gizi untuk mempercepat perubahan perilaku dalam pemberian makan yang tepat.

“Alfamidi sangat intens dalam turut serta berperan bersama dinas pemerintah setempat mengatasi berbagai macam kendala atau masalah yang terjadi di masyarakat. Kegiatan Stunting ini akan terus dilaksanakan serta di monitoring serta dilakukan evaluasi setiap bulannya agar kegiatan ini benar-benar efektif menanggulangi masalah stunting,” tutupnya. */HJ