RAYA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memperkuat kapabilitas digitalmelalui eksplorasi berbagai teknologi.

Terbaru, perseroan menandatangani nota kesepahaman dengan Cloud dan Indonesia pada Rabu, 17 April 2024.

Penandatanganan dilakukan oleh Division Head Banking Development and Operations BRI, Kaspar Situmorang bersama Senior Vice President Tencent Cloud International Poshu Yeung dan Country Manager Hi Cloud Indonesia Prangki Tua.

Kerja sama ini bertujuan untuk memajukan inovasi BRI melalui eksplorasi teknologi, dengan fokus pada peningkatan pelayanan dan pengalaman nasabah dalam bertransaksi.

Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan, BRI sebagai bank dengan jaringan terluas di Indonesia terus berupaya menjalankan transformasi secara berkelanjutan. Transformasi difokuskan pada dua aspek utama, yakni digital & culture. 

“Kami terus mencreate value baru melalui untuk menjalankan business model,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Sulteng Raya, Jumat (10/5/2024).

Seperti diketahui, layanan perbankan saat ini dilakukan melalui beragam produk dan layanan . BRI pun dinilai berhasil menjawab kebutuhan dan perubahan pola masyarakat secara digital. Bahkan, saat ini 99% transaksi di BRI sudah dilakukan secara digital dan sisanya yakni sekitar 1% dilakukan melalui unit kerja atau kantor BRI.

Diharapkan melalui kolaborasi ini, BRI dapat memperkaya use case dan lesson learned guna mengembangkan kapabilitas digital, khususnya untuk memberikan pengalaman perbankan yang high tech dan high touch.

Poshu Yeung, Senior Vice President Tencent Cloud International, mengatakan, Tencent Cloud senang untuk bermitra dengan BRI, karena pihaknya memiliki visi bersama untuk memimpin inovasi perbankan di Indonesia.

“Kami akan mengolaborasikan keahlian dan akses ke solusi berkualitas tinggi dan dapat diandalkan, dengan kapabilitas digital dan kekuatan jaringan fisik BRI. Kami berharap dapat membantu memastikan bahwa BRI tetap menjadi yang terdepan dalam inovasi teknologi di lanskap perbankan Indonesia,” katanya.

Diketahui, Tencent Cloud dikenal dunia melalui keberhasilannya dalam pemanfaatan teknologi canggih seperti Generative , Large Language Model (LLM) hingga biometrik untuk pengembangan superapps yang mendominasi pasar. Hi Cloud Indonesia, sebagai partner Tencent Cloud, memfasilitasi percepatan teknologi inovatif dan menjembatani kolaborasi antara Tencent Cloud dengan BRI.

Melalui eksplorasi kolektif ini, BRI mengeksplorasi potensi adopsi teknologi dan keberhasilan tersebut guna diimplementasikan pada berbagai produk dan layanan perbankan BRI, untuk meningkatkan user experience agar lebih mudah, aksesibel, efisien, dan aman.

Penandatanganan kemitraan ini menandai komitmen BRI untuk tetap berada di garis depan inovasi industri layanan perbankan Indonesia. Dengan menggabungkan pembelajaran kesuksesan Tencent dengan keahlian lokal, pemahaman pasar, dan kemampuan adopsi BRI, kemitraan ini akan mendorong penciptaan dan pengembangan layanan perbankan yang bukan hanya menjawab kebutuhan, tapi juga menawarkan pengalaman baru bagi nasabah. RHT