RAYA-Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah () menjadwalkan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik “Pariwisata” jilid II pada Bulan Agustus 2024, di tempatkan di Kecamatan Kulawi, Kabupaten , Sulawesi Tengah.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua LPPM Unismuh Palu, Dr. Muliadi, S.H., M. H, usai melakukan survei lokasi pelaksanaan KKN Tematik “Pariwisata” di Kecamatan Kulawi, , Sulawesi Tengah.

LPPM memilih kecamatan tersebut sebagai lokasi tempat pelaksanaan KKN, mengingat di kecamatan itu terdapat sejumlah spot pariwisata yang belum mendapat penanganan yang serius dari pemerintah kecamatan dan pemerintah desa setempat. Diantaranya spot wisata alam air terjun, pemandian air panas, dan   Rafting atau Arung jeram.

Kata Muliadi, kehadiran mereka di kecamatan tersebut mendapat respon positif dari pemerintah kecamatan. “Saat kami melapor, menyampaikan keinginan menempatkan di kecamatan itu sebagai lokasi KKN Tematik “Pariwisata”, pak camat sangat senang, bahkan mengatakan justru dirinyalah berencana mengajukan ke perguruan tinggi agar mahasiswa mereka yang KKN di tempatkan di Kecamatan Kulawi, karena banyak hal yang bisa kecamatan itu dapatkan jika ada peserta KKN di kecamatan itu,”sebut Muliadi,  Ahad (5/5/2024).

Bahkan sebelumnya kata Muliadi, sudah ada salah satu perguruan tinggi di yang terlebih dahulu menempatkan mahasiswanya di kecamatan itu sebagai lokasi KKN, dan mahasiswa Unismuh Palu menjadi peserta KKN kedua di kecamatan itu.

Berharap nantinya para peserta KKN yang di tempatkan di kecamatan itu bisa mengkolaborasikan program kerja mereka dengan program kerja desa yang ada di kecamatan itu dalam hal pengelolaan pariwisata, sehingga spot-spot pariwisata yang ada bisa terekspos keluar dan eksis, serta diminati oleh masyarakat sebagai lokasi wisata.

Saat ini katanya, pihak LPPM Unismuh Palu sementara membuka pendaftaran penerimaan peserta KKN Tematik “Pariwisata” sampai bulan Juli 2024. Dimana syarat utama untuk menjadi peserta KKN yakni harus menyelesaikan 110 SKS dan mendapatkan rekomendasi dari pihak fakultas.

“Kita buka pendaftaran peserta KKN sampai bulan Juli 2024, semua fakultas terlibat kecuali FKM,”sebut Muliadi.

KKN di bulan Agustus nanti sebut Muliadi, juga terdapat KKN Muhammadiyah Aisyiyah  atau KKN MAS yang ditempatkan di Solo, Surakarta. Peserta program KKN MAS ini sebanyak 20 orang. ENG