RAYA – Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera () Kota , Rizal Dg Sewang menyebut tujuh orang bakal calon wali kota maupun wakil wali kota telah mendaftar di partainya.

Tujuh orang tersebut yakni Muhammad J Wartabone, , , Andi Nur B Lamakarate, Hidayat, Muhammad Rifky Alhabsyi, dan Mujib Karim.

Kata Rizal, semua nama-nama tersebut akan diusulkan ke DPP, karena masa pendaftaran akan segera ditutup. Wakil ketua DPRD ini mengatakan, hanya yang mendaftar melalui DPD PKS Kota Palu yang akan diusulkan ke pengurus DPP PKS.

“Di PKS tidak ada jalan tol. Nanti prosesnya akan tetap dikembalikan ke DPD,” kata Rizal, Senin (6/5/2024).

Selain tujuh nama dari pihak eksternal, DPD PKS Kota Palu juga telah memutuskan nama Rizal Dg Sewang sebagai kader internal PKS yang akan diusung maju di 2024.

Keputusan itu berdasarkan hasil musyawarah Dewan Pimpinan Tingkat Daerah (DPTD) PKS Kota Palu beberapa waktu lalu.

Adapun alasan mendorong kader PKS untuk maju di Pilkada, karena suara PKS di Pileg 2024 meningkat, kemudian dua periode Pilkada selalu mengusung kader sendiri, serta adanya dorongan kuat dari struktur bawah untuk maju.

Di PKS sendiri, kata Rizal, semua yang mendaftar sama peluangnya untuk mendapatkan rekomendasi oleh DPP. Adapun beberapa pertimbangan untuk direkomendasikan sesuai juknis DPP adalah hasil survei, kemudian kesiapan lahir dan batin, serta kemampuan untuk mencukupkan syarat perolehan kursi.

“Politik itu dinamis, kader PKS bisa 01 atau 02. Deadline dari DPP, bulan Juni nanti diputuskan,” jelas Rizal saat menerima pengembalian formulir bakal calon Wali Kota Palu, Gufran Ahmad, Senin (6/5/2024).

Sementara itu, salah satu bakal calon yang mendaftar di PKS Kota Palu, Gufran Ahmad berharap bisa diusung PKS di Pilkada Kota Palu.

Menurutnya, PKS merupakan salah satu partai besar di Kota Palu, karena memiliki empat kursi di DPRD Kota Palu.

“Kami bakal calon berharap bisa bersama-sama di Pilkada Kota Palu. Ini merupakan partai kelima kami ikut mendaftar, saya akan ikuti dan memenuhi apa yang menjadi persyaratan di PKS,” kata Gufran Ahmad. WAN