RAYA- Dekan Fakultas (Faperta) Universitas Muhammadiyah () , Ir. Syaiful Bachri, M.Si menyerahkan dua buah judul buku ke Perpustakaan Universitas sebagai bahan bacaan dan referensi bagi dan dosen, sekaligus untuk menambah varian judul buku di perpustakaan tersebut.

Kedua judul buku itu masing-masing “Kewirausahaan dan Kelayakan Usaha” dan “Penanggulangan Bencana Bagi Tokoh Agama Islam” diserahkan langsung ke tangan pengelolah perpustakaan universitas pada Jumat (3/5/2024).

Syaiful Bachri menguraikan, jika kedua judul buku tersebut merupakan hasil tulisan kolaboratif dari sejumlah pihak. Termasuk buku berjudul “Kewirausahaan dan Kelayakan Usaha” dari sekian banyak penulisnya, empat diantaranya adalah dosen Fakultas Pertanian Unismuh Palu.

Sementara buku berjudul “Penanggulangan Bencana Bagi Tokoh Agama Islam” ditulis oleh lima orang, masing-masing dua orang dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (, dua orang dari Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama dan satu orang dari Unismuh Palu, yakni Syaiful Bachri.

Buku tersebut mengupas terkait penanggulangan bencana alam dari perseptif agama, khususnya agama Islam. Sementara buku yang mengupas dari perseptif agama lain yakni Hindu dan Kristen ditangani oleh tim penulis lain, begitu juga dengan Bundha dan agama lainnya. “Masing-masing ada tim penulisnya berdasarkan agama yang ada di Indonesia, dan ini didukung penuh oleh Islamic Relief Indonesia,”jelas Syaiful.

Bahkan katanya, buku ini sudah berkali-kali dibahas secara berskala nasional melibatkan banyak tokoh, mengingat baru kali ini ada buku penanganan bencana ditulis berdasarkan perseptif agama. “Agar kedua buku itu bisa dibaca lebih banyak orang, baik itu mahasiswa maupun dosen, maka saya berinisiatif menyerahkan ke perpustakaan, agar bisa lebih banyak bermanfaat,”sebut Syaiful.

Sebelumnya, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Sudirman, S.KM., M.Kes mengimbau kepada suluruh mahasiswa yang ada di kampus itu untuk berkunjung dan memanfaatkan perpustakaan universitas untuk mencari referensi buku guna menambah ilmu pengetahuan.

Kata warek, saat ini jika hanya sekadar mencari referensi buku guna menambah pengetahuan sudah sangat cukup bagi 20 program studi Strata satu dan Lima Program Studi Magister yang ada di kampus ini.

Termasuk buku-buka referensi terbaru, saat ini sudah banyak tersedia di perpustakaan universitas, bahkan telah terdapat Corner.“Silahkan memanfaatkan perpustakaan yang ada sebagai gudang ilmu pengetahuan, mahasiswa sebagai masyarakat akademik tidak boleh elergi membaca buku untuk menambah pengetahuan,”ujar Sudirman. ENG