RAYA – Bhabinkamtibmas Polsek Tojo, Bripka Putu Radiasa turun ke lokasi bencana banjir untuk membantu masyarakat membersihkan drainase dan jalur air yang tergenang banjir yang disebabkan curah hujan yang tinggi di Desa Tongku, Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) pada Jumat (3/5/2024) pagi sekira pukul 06.45 Wita.

Hujan deras yang terjadi Desa Tongku menyebabkan banyaknya debit air yang kemudian meluap di sekitar drainase atau jalur air sehingga terjadi genangan air di pemukiman warga.

Kapolsek Tojo, AKP M. Tarifuddin mengatakan, mengetahui hal tersebut anggota Bhabinkamtibmas Desa Tongku dengan sigap membantu masyarakat untuk membersihkan drainase dan jalur air untuk mengurangi debit air yang tergenang. “Akibat curah hujan yang tinggi yang terjadi hampir setiap hari menyebabkan beberapa rumah di Desa Tongku, Kecamatan Tojo tergenang air,” ucap Kapolsek.

 “Untuk sementara air yang meluap ke pemukiman warga sudah mulai surut dan sampai saat ini menurut laporan belum ada korban jiwa maupun materil,” tambah AKP Tarifuddin.

Namun menurut Kapolsek, tidak menutup kemungkinan apabila hujan kembali terjadi di pegunungan yang ada di Desa Tongku, Kecamatan Tojo akan mengakibatkan banjir lebih besar. “Hal tersebut bisa terjadi karena curah hujan yang tinggi namun got atau jalur air yang kecil tidak dapat menampung air sehingga menyebabkan air meluap dan memasuki pemukiman masyarakat,” tambah Kapolsek.

“Kami mengimbau kepada masyarakat Desa Tongku agar tetap waspada apabila curah hujan tinggi, selalu bersihkan got dan jalur air yang ada agar tidak meluap dan memasuki pemukiman,” imbau Kapolsek.*/YAT