RAYA – Wakil Bupati (Wabup) Tolitoli, Moh Besar Bantilan membuka lomba pidato bahasa daerah Tolitoli, saat pelaksanaan Hari Pendidikan Nasional yang dilaksanakan Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tolitoli, yang berlangsung di halaman kantor Dinas Pendidkan dan Kebudayaan Kabupaten Tolitoli, belum lama ini.

Kegiatan tersebut, diikuti 23 peserta dari SD dan SMP se-Kabupaten Tolitoli. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tolitoli, Usman Taba dalam sambutannya menyampaikan, maksud dilaksanakannya lomba pidato dalam Bahasa Tolitoli ini untuk melestarikan bahasa daerah, untuk mempertahankan budaya di setiap daerah termasuk di Kabupaten Tolitoli. 

“Lomba yang dilaksanakan ini sesuai dengan tema kegiatan hari ini saya bangga berbahasa Tolitoli dengan mengutamakan bahasa Indonesia pelajaran asing dan lestarikan bahasa daerah,” kata Usman. 

Dirinya berharap, kedepannya lomba serupa juga dilaksanakan dalam Bahasa Dondo dan Dampal demi mendukung Merdeka Belajar di Indonesia terkhusus di Kabupaten Tolitoli.

Sementara, Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan menyampaikan, sebagai masyarakat yang menjunjung tinggi -nilai kearifan lokal dan kesadaran akan pentingnya pendidikan, perayaan ini menjadi momen yang amat bagi kita semua, pendidikan tidak dapat kita pungkiri adalah pondasi dari segala kemajuan sebuah bangsa dengan pendidikan yang berkualitas kita membuka pintu menuju masa depan yang lebih cerah di mana setiap anak memiliki yang sama untuk berkembang dan berkontribusi. 

“Melalui lomba ini kita juga ingin mengajak seluruh masyarakat Tolitoli terutama para pemuda dan pemudi untuk semakin mencintai, melestarikan dan mengembangkan kekayaan budaya dan bahasa daerah kita sendiri, sebab bahasa daerah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari identitas kita sebagai bangsa,” kata Wabup.

Menurutnya, dalam era globalisasi ini pelestarian dan pengembangan bahasa daerah menjadi semakin penting agar kita tidak kehilangan akar dan jati diri sebagai bangsa.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tolitoli bersama jajaran dan tamu undangan lainnya.TAM