RAYA – PT Gunbuster Nickel Industry () berinisiasi untuk bergerak cepat membantu para korban bencana alam, seperti yang dilakukannya Minggu (28/4/2024). Perusahaan industri smelter nikel tersebut menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk para korban bencana banjir di Kabupaten Morowali Utara.
Bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh perwakilan , Jiang kepada Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi didampingi Ketua TP PKK Morowali Utara Febriyanti Hongkiriwang dan Kepala BPBD Morowali Utara Delfia Parenta di Kantor BPBD Morowali Utara, Kolonodale.
Perwakilan PT GNI Jiang menyatakan perusahaan akan terus berperan aktif dalam memberikan bantuan kepada korban bencana alam. Penyaluran ini sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan perusahaan atas bencana alam yang terjadi saat ini yaitu bencana banjir yang terjadi di wilayah Morowali Utara khususnya 6 Desa di Kecamatan Petasia Timur dan Petasia Barat.
Adapun jumlah bantuan untuk bencana banjir yang disalurkan oleh perusahaan adalah sebanyak 300 karung , 300 kardus mie instan dan 300 kardus air mineral. Bantuan tersebut menurut rencana akan disalurkan melalui Pemerintah Desa yang terdampak banjir.
Bupati Morowali Utara, Delis Julkarson Hehi menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepedulian perusahaan PT GNI terhadap bencana alam di daerahnya.
“Ucapan terimakasih kepada PT GNI untuk kepeduliannya kepada korban banjir yang melanda 5 Desa di Kecamatan Petasia Barat dan 1 Desa di Kecamatan Petasia Timur,” ujarnya.
Bupati mengatakan bantuan makanan dan minuman dari PT GNI diharapkan dapat membantu dan meringankan beban warganya yang terdampak banjir.
“Kondisi hari ini di 5 Desa Petasia Barat belum ada pengungsi karena masih bisa berdiam di rumah mereka masing-masing. Namun di Desa Bunta sendiri hari ini kurang lebih 44 KK (kepala keluarga) yang telah mengungsi ke Posko penampungan,” jelasnya.
Pemerintah Kabupaten Morowali Utara telah menyiapkan posko bencana beserta dapur umum untuk menyediakan makanan bagi para pengungsi, juga selimut dan kasur.
“Harapan kita banjir ini dengan curah hujan yang semakin menurun di Daerah hulu di Poso dan Mori Atas, maka kita berharap debit air semakin berkurang sehingga genangan air di Desa-desa ini akan semakin berkurang. Sekali lagi terima kasih atas bantuan dan kepedulian PT GNI bagi masyarakat Kabupaten Morowali Utara,” tukasnya. *VAN