RAYA- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, berharap para lulusan dari Universitas Tadulako () memanfaatkan potensi dan peluang yang ada dengan baik untuk berkarya dan memajukan masyarakat. Terutama memanfaatkan keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan yang ada di Kabupaten Morowali.
Hal tersebut disampaikan Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Rudy Dewanto saat menghadiri proses wisuda Untad Angkatan 123 di Auditorium, Rabu (24/4/2024).
Katanya, begitu banyak peluang dan potensi yang dapat dimanfaatkan masyarakat atas keberadaan IKN tersebut, mengingat Provinsi Sulawesi Tengah merupakan salah satu daerah penyangga.
Sebagai generasi intelektual yang memiliki keilmuan mumpuni didapatkan selama menumpuh pendidikan di kampus, diharapkan dapat diimplementasikan karena mereka ini bagian dari akselerator penting dalam gerak cepat membangun Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan maju.
“Setelah menyelesaikan studi dengan sukses, para lulusan diharapkan dapat memanfaatkan ilmu yang diperoleh untuk membawa perubahan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat,” pesan Rudy Dewanto.
Sebagai bagian dari Masyarakat Sulawesi Tengah kata Rudy, para lulusan ini harus betul-betul memanfaatkan potensi atas keberadaan IKN tersebut, mengingat aktivitas di IKN dimulai pada tahun 2024 ini, membuka banyak potensi ekonomi. Diperkirakan sekitar dua juta penduduk memiliki potensi untuk terlibat dalam IKN, menandakan semakin meningkatnya potensi ekonomi daerah itu.
Salah satunya adalah dari sektor pangan, memiliki peluang yang besar dalam kewirausahaan karena bahan pangan adalah kebutuhan utama manusia. Menjadi salah satu kebutuhan pokok sehari-hari.
“Dari sektor pangan hingga investasi di Kabupaten Morowali, potensi ekonomi Sulawesi Tengah sangatlah besar. Kami berharap para lulusan dapat memanfaatkan potensi ini dengan baik untuk berkarya dan memajukan masyarakat,” ungkap Rudy Dewanto. ENG