RAYA – Bupati Banggai Laut (), Sopyan Kaepa didampingi Sekertaris Kabupaten (Sekkab) Ruslan Tolani membuka secara resmi penilaian lomba desa tingkat Kabupaten di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Talisetubono, Kecamatan Banggai Utara, Kabupaten Balut, Senin (22/4/2024).

Dalam sambutannya Bupati Balut mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan rutin setiap tahunnya. Penilaian ini memiliki lima unsur penting diantaranya, meningkatkan perkembangan kemajuan desa, meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pelayanan kesehatan desa, meningkatkan pendidikan dan peran serta di desa dan yang lebih pentin lagi laporan keuangan desa.

“Olehnya itu, saya mengingatkan kepada kita semua, baru-baru ini saya mengecek di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta, desa kita ini belum terdaftar untuk ikut dalam kegiatan lomba desa tingkat pusat. Karena ketika kita mengikuti lomba di tingkat provinsi saja agak mengalami  kesulitan,” kata Bupati.

Saat mengikuti lomba di tingkat Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) lanjutnya, Kabupaten Balut baru bisa dapat meraih juara tiga dan semoga tahun 2024 ini bisa meraih yang berbeda dengan tahun sebelumnya.

Selanjutnya, ketua Panitia tim penilai lomba desa Tingkat Kabupaten yang juga Kepala Dinas (Kadis] Masyarakat Desa dan Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (), Aswin Musa membacakan laporan panitia dan dilanjutkan dengan penilaian lomba.

Usai kegiatan di Desa Tolisetubono, rombongan Bupati melanjutkan perjalanan menuju Desa Tingting, Kecamatan Banggai Tengah untuk melaksanakan kegiatan yang sama.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, para Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), Forkopimda dan seluruh Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Banggai Utara.*/MAN