RAYA – Program Desa adalah salah satu strategi yang dimiliki Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Sulawesi Tengah.

Hal itu diungkapkan melalui podcast yang disiarkan langsung di instagram @soalpalu. Katanya, selaku Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, Ia memiliki upaya untuk meningkatkan infrastruktur serta Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap seluruh desa melalui program Digitalisasi Desa.

“Dengan program digitalisasi ini, saya berharap lima sampai sepuluh tahun kedepan, penduduk Sulawesi Tengah ini sudah melek dengan teknologi secara keseluruhan,”sebut Rusdy Mastura, Jumat, (19/04/2024).

Sebelumnya, pelaksanaan program ini sudah diterapkan di beberapa desa. Salah satunya di Desa Pakuli, Kecamatan Gumbasa, dengan meneruskan program dari Kementerian Desa (Kemendes) yang sempat berhenti.

Menurutnya, Digitalisasi sangat berpengaruh dalam kemajuan sebuah desa, terutama di zaman teknologi saat ini. Namun, program yang ia upayakan ini butuh tindak lanjut dari masing-masing pemerintahan desa agar dapat terealisasi dengan baik. Termasuk agar bijak dalam menindaklanjuti inisiasi program dan menggunakan Anggaran Dana Desa () dengan sebaik-baiknya.

Selain upaya peningkatan kualitas desa dan SDM di Sulawesi Tengah, program ini juga sebagai salah satu bentuk persiapan untuk menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN). Selain mempersiapkan kekayaan alam dan akses infrastruktur, pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah juga harus mempersiapkan kompetensi SDMnya.

Rusdy Mastura juga menyampaikan peningkatan lain dari progress pembangunan Sulawesi Tengah. Mulai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang telah mencapai nominal 5 triliun, sampai dengan peringkat Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah (SAKIP) yang mendapat peringkat BB dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). MG1