RAYA – Regional Sulawesi sukses mengawal momen dan Idulfitri 1445 H melalui optimalisasi jaringan broadband terdepan serta ketersediaan produk dan layanan bernilai tambah.

Sepanjang momen ini, Telkomsel Regional Sulawesi mencatatkan peningkatan trafik mencapai 10.08 persen dibandingkan hari biasa 2024 atau 30,81 persen lebih tinggi dari periode yang sama tahun sebelumnya, sedangkan secara nasional naik 12.87 persen.

Beragam upaya yang telah dilakukan oleh Telkomsel Regional Sulawesi ini sejalan dengan komitmen sebagai telco service provider terdepan di Indonesia dalam memberdayakan masyarakat dengan menghadirkan inovasi teknologi jaringan serta layanan terdepan.

General Manager Region Network Operations and Productivity Telkomsel Sulawesi, Muhammad Idham Kadir mengatakan, Selama periode 2024, lonjakan trafik komunikasi dan didorong oleh peningkatan aktivitas pelanggan pada pemanfaatan layanan digital seperti mobile gaming melonjak 108 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) naik 53 persen, video streaming tumbuh 26 persen, akses media sosial naik 29 persen, dan akses browsing tumbuh 43 persen.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform digital favorit seperti WhatsApp (naik 65 persen), Instagram (naik 63 persen), TikTok (naik 20 persen), X (naik 43 persen), (naik 34 persen), dan Facebook (naik 20 persen). Kemudian untuk trafik layanan suara turun sekira 11 persen dibandingkan hari biasa.

Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi pada pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen RAFI 2024 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa.

Data Telkomsel Regional Sulawesi menunjukkan lima wilayah kota dan kabupaten di Regional Sulawesi berada di Sulawesi Selatan yang memiliki pertumbuhan trafik penggunaan data tertinggi, yakni Kabupaten Jeneponto tercatat mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 59.81 persen, diikuti Kabupaten Soppeng naik sekira 59.25 persen, Kabupaten Pinrang naik 53.91 persen, Kabupaten Bulukumba naik 47.04 persen, dan Kabupaten Barru naik 40.14 persen.

Idham menambahkan, peningkatan signifikan trafik internet Telkomsel Regional Sulawesi merupakan bukti nyata dari kepercayaan pelanggan dalam menggunakan layanan Telkomsel, sekaligus menunjukkan keberhasilan strategi optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan terdepan yang difokuskan pada 23 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Sulawesi dan Maluku Utara, memastikan ketersediaan produk dan layanan unggulan yang berfokus pada pelanggan, menghadirkan berbagai program promo produk layanan digital, hingga program loyalitas bagi setiap orang, setiap rumah, dan setiap bisnis.

“Telkomsel Regional Sulawesi mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan menggunakan produk dan layanan dari Telkomsel. Kami terus berkomitmen untuk memastikan kesiapan jaringan di momen-momen besar keagamaan seperti Hari Raya, dan momentum penting lainnya yang membutuhkan keandalan layanan internet,” tutup Idham. */HJ