RAYA – PT (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo) turut memeriahkan acara Bazar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H pada Selasa (2/4/2024).

Acara yang digelar oleh Komando Daerah Militer (Kodam) XIII/Merdeka ini diikuti beragam peserta mulai dari instansi vertikal, pemerintah daerah, bahkan beberapa dan BUMD dengan menampilkan berbagai etalase produk Usaha Mikro Kecil Menengah atau .

Suksesnya acara bazar ini pun turut dirasakan berkahnya oleh para pelaku UMKM Binaan PLN. Salah satunya Mom Miyuki, Gula Merah Kawanua dan Rempeyek Roa yang ikut menjual dan mempromosikan produk jajanan lokal untuk dinikmati oleh pengunjung Bazar Ramadan.

Rey Maya Veronika selaku pemilik dari UMKM Mom Miyuki mengaku bangga dapat berpartisipasi mempromosikan produknya dirangkaian kegiatan Bazar Ramadan tahun ini, hal ini sangat diperlukannya untuk melakukan branding terhadap produk jajanan lokalnya agar lebih dikenal masyarakat.

“Kami senang sekali dapat berkolaborasi dengan PLN untuk mengisi booth bazar. Antusias pengunjung sangat ramai dan luar biasa, produk yang kami jual pun beragam seperti Gochesse (kripik), Go-gula merah, Abon, Puding dan Sambal Goreng. Semoga produk yang kami jual menjadi berkah bagi masyarakat,” sebut Veronika.

Salah satu pengunjung Bazar Ramadan, Vianle Ngato merasa sangat terkesan dan puas terhadap produk binaan UMKN PLN. Hal ini dikarenakan pemanfaatan tenaga kerja yang mendominasi dan secara langsung ini akan membuat peran perempuan akan lebih aktif dan produktif dalam menaikan .

“Program PLN dalam membina UMKM lokal sangat bermanfaat, kami juga melihat kualitas produk yang dihasilkan dari segi kemasan sangat berkualitas, menarik, aman serta dapat menaikan presentasi penampilannya. Karena kita semua tahu penampilan produk adalah hal pertama yang dapat dilihat konsumen dan membuat produk menjadi menarik,” ungkap Vianle.

Kadispotmar Lantamal VIII Manado, Letkol Laut (K) I Dewa Rai Parwata Amk, S.Kep. MARS yang juga sempat mengunjungi booth PLN memberikan apresiasi atas kehadiran UMKM lokal yang didatangkan PLN dalam memeriahkan Bazar Ramadhan.

“Kami sudah beberapa kali bekerjasama dengan PLN, dan kami melihat komitmen dari PLN yang mendukung penuh usaha kecil, disisi lain kepercayaan terhadap produk UMKM binaan PLN dari segi kualitas hingga kuantitas sudah terpercaya dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” ungkap Dewa. 

Ditempat terpisah, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Suluttenggo, Ari Dartomo menyampaikan bahwa PLN memegang peran aktifnya dalam memajukan dengan memperluas akses dalam mempromosikan produk dari para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Kegiatan bazar menjadi momentum yang baik untuk bersilaturahmi sekaligus meningkatkan kolaborasi dalam upaya mendorong kesejahteraan pelaku UMKM serta masyarakat pada umumnya,” ungkap Dartomo.

Melalui kegiatan bazar tersebut, menjadi wujud nyata PLN dalam komitmennya untuk terus mendukung serta memperkenalkan produk-produk UMKM. PLN juga berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan yang digagas sebagai upaya menggerakan roda perekonomian daerah ini.

“Ini merupakan peran aktif PLN dalam mendukung dan memperkenalkan UMKM yang bertujuan mengembangkan inovasi dan kreatifitas masyarakat dalam dunia kewirausahaan, terima kasih kepada Kodam Merdeka yang telah memberi kesempatan untuk berkolaborasi dalam gelaran bazar,” jelas Dartomo.

Dalam mendorong para pelaku UMKM untuk terus mengembangkan berbagai produk usahanya, PLN juga menyediakan fitur marketplace yang terintegrasi dengan SuperApp PLN Mobile untuk memudahkan para UMKM binaan mempromosikan produknya langsung kepada masyarakat.*/HJ